Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko Register Calon Penerima Gas Elpiji Bersubsidi Sistem Biometrik

Bukittinggi, KABA12.com — Pemko Bukittinggi melalui bagian perekonomian Setdako, laksanakan sosialisasi dan registrasi kepada calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) uji coba penyaluran elpiji bersubsidi secara non tunai dengan sistem biometrik.

Kegiatan ini dilaksanakan di 6 kelurahan mulai Senin (04/03) sampai dengan Minggu (10/03) mendatang.

Kabag Perekonomian Setdako Bukittinggu, Rismal Hadi, menjelaskan, soalisasi dilakukan oleh tim dari TNP2K bersama TKPK Kota Bukittinggi dan Bagian Perekonomian Setdako Bukittinggi. Sosialisasi ini dilaksanakan agar pengguna gas elpiji bersubsidi non tunai dengan sistem biometrik, benar-benar dapat ditujukan kepada KPM.

“Kota Bukittinggi, ditunjuk sebagai salah satu dari tujuh daerah di Indonesia, untuk pelaksanaan pelaksanaan program gas elpiji non tunak sistem biometrik. Sebelum dilaksanakan, tentunya butuh sosialisasi terkait, cara kerja program pelaksanaan sistem non tunai dan bagaimana proses mendapatkannya nanti,” jelas Rismal.

Ia melanjutkan, selain mensosialisasikan sistem biometrik itu, tim juga melalukan register atau pendaftaran bagi masyarakat yang berhak diberikan subsidi elpiji 3 kg. Terutama masyarakat yang masuk dalam kategori keluarga kurang mampu yang telah ditetapkan dalam data BDT (Basis Data Terpadu).

Untuk tahap pertama dilakukan sosialisasi di Campago Guguk Bulek, Campago Ipuh dan Puhun Tembok untuk kecamatan MKS. Sedangkan di kecamatan Guguk Panjang dilakukan sosialisasi di kelurahan Tarok Dipo, Pakan Kurai dan Aua Tajungkang Tangah Sawah.

“Data yang kami miliki sementara, untuk Bukittinggi terdapat 1.290 KK yang masuk BDT. Ininyang kami kroscek ulang. Dalam minggu ini ada enam kelurahan, yang nantinya prosesnya akan dilanjutkan di kelurahan lain di Bukittinggi,” ungkapnya.

Pendaftaran penyaluran gas elpiji bersubsidi secara Non Tunai dengan sistem Bio Metrik dimulai bulan Februari sampai Juni 2019 mendatang. Uji coba penyaluran subsidi Elpiji 3 kg secara Non Tunai ini, dilaksanakan TNP2K bekerjasama dengan BRI dalam hal penyaluran dana bantuannya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi secara non tunai dengan sisten biometrik berjalan lancar. Sehingga penyalurannya benar-benar tepat sasaran,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top