Kaba Terkini

Surau Sebagai Sarana Ibadah Dan Pembentukan Karakter

Pakan Kamih, KABA12.com — Pembangunan surau yang berasal dari dana infak alumni, masyarakat, guru, komite dan lainnya tersebut dimotori oleh alumni SMAN 1 Tilatang Kamang, Sabtu (2/3).

Pembangunan tersebut mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Salah satunya Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengapresiasi semangat alumni yang sangat tinggi dalam pembangunan surau tersebut.

Menurutnya, pembangunan ini sangat sejalan dengan konsep pendidikan yang digulirkan di daerah itu, melalui basis konsep pendidikan surau.

‘’Konten dari pendidikan surau itu secara paripurna ada lima ranah kecerdasan yaitu, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisikal. Sedangkan untuk fungsi surau itu sendiri, secara zohir yaitu sebagai sentra kegiatan sosial masyarakat, pusat ibadah, pendidikan, dakwah, keagamaan, sosial ekonomi dan budaya,” katanya.

Sedang menurut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman, pihaknya tidak menamakan ini pembangunan surau saja, tapi bangun sarana prasarana penguatan pendidikan karakter.

“Tidak hanya sebagai tempat shalat, tapi jadi sarana pengkajian keagamaan. Sehingga peningkatan keilmuan sejalan dengan peningkatan keagamaan dan ini akan dikembangkan di Sumbar,” katanya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top