Kaba Terkini

Laboratorium Lingkungan Agam Siap Uji Kualitas Lingkungan

Lubukbasung, Kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam gelar sosialisasi laboratorium terakreditasi dan terigistrasi bagi OPD dan perusahaan pemegang dokumen dan izin lingkungan, Rabu (27/2), di Panti Asuhan Putra Lubuk Basung.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Agam, diwakili Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra, Jetson. Kegiatan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam ini mendatangkan narasumber dari DLH Sumbar.

Peserta sosialisasi yang hadir berasal dari OPD, camat dan penanggungjawab usaha atau kegiatan yang telah miliki dokumen dan izin lingkungan Jetson mengatakan, Laboratorium Lingkungan Kabupaten Agam, merupakan labor pertama di Sumatera Barat terigistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta yang ketiga terakreditasi di provinsi itu.

Dikatakan, Laboratorium Lingkungan telah terakreditasi sebagai laboratoruim penguji dengan nomor LP-1247-IDN oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) awal September 2018.

“Secara bersamaan juga teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor registrasi SK/S.1283/Setjen/SLK/STD pada 16 November 2018,” ujarnya.

Dengan telah terakreditasi dan terigistrasinya UPT Laboratorium Lingkungan ini, maka pelaksanaan labor telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil pengujiannya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan hukum.

“Laboratorium lingkungan ini terbuka untuk umum, terutama masyarakat serta perusahaan swasta yang miliki kewajiban melakukan pemantauan dan pengujian kualitas lingkungan terhadap usaha yang dikelolanya,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Agam, Arief Restu mengatakan, Laboratorium Lingkungan DLH mampu melakukan pengujian kualitas lingkungan seperti, kualitas air sungai, air bersih, air minum isi ulang, air baku, air limbah, kualitas udara ambien, emisi sumber tidak bergerak dan kebisingan serta kualitas tanah untuk produksi biomassa.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top