Kaba Terkini

Pemkab Agam Gelar Pelatihan Imam-Khatib

Lubukbasung, Kaba12.com — Untuk meningkatkan kapasitas, serta profesionalitas menuju gerakan Nagari Madani, Pemerintah Kabupaten Agam gelar pelatihan bagi imam dan khatib, Senin (25/2) di Hotel Nuansa Maninjau.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari tersebut dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah. Kegiatan yang digelar Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Agam ini diikuti 91 orang berasal dari masjid di nagari.

Selain itu, beberapa narasumber juga dihadirkan dalam kegiatan tersebut diantaranya MUI Agam, Kemenag Agam, Lembaga Manajemen Terapan Trusco Sumbar dan Agam, serta Akademisi dari Perguruan Tinggi Islam.

Menurut Trinda Farhan Satria, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang disiapkan untuk mendukung terwujudnya gerakan Nagari Madani.

Meski ujung tombaknya di nagari, Pemkab Agam mensupor baik dengan supervisi, nasehat maupun semacam pilot project peningkatan SDM.

“Dari tahun ke tahun peserta pelatihan diganti. Sekarang peserta dan asal masjidnya sudah terdata, tahun depan akan diganti dari masjid lain yang ada di nagari untuk mendapatkan pembekalan ini,” sebutnya.

Meski pesertanya satu orang dari nagari, Trinda berharap mereka dapat menyebarkan ilmunya pada imam dan khatib di masjid lainnya.

Kabag Kesra Setda Agam, Syatria selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas, serta memunculkan kader-kader baru imam dan khatib di nagari.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top