Kaba Terkini

IKM Lakukan Bakti Sosial

Maninjau, KABA12.com — Perantau maninjau gelar berbagai bakti sosial untuk kampung halaman.

Perantau Nagari Maninjau yang terhimpun di Jabodetabek, yang dikenal dengan Ikatan Keluarga Maninjau (IKM). Dari organisasi induk ini, dibentuk Bundo Kanduang Maninjau (BKM) dan Himpunan Pemuda/pemudi Maninjau (HPM).

Anggota IKM lainnya, Maswir Jam’an menambahkan IKM sendiri sudah lama lahir.

Diperkirakan sekitar tahun 1970. Ia sendiri sudah 10 tahun bergabung dan menjadi Bendahara. Sebagian besar mereka adalah anggota Yayasan Pendidikan Islam Maninjau Rasuna Said.

Berbagai bakti sosial dan aksi nyata telah digelar untuk kampung halaman.

Mereka secara berkelanjutan memotivasi masyarakat Maninjau di kampung halaman untuk terus melestarikan kesenian tradisional. Seperti Rakik-Rakik, Silat, Randai, Tari Piring, Tambua dan sebagainya.

Salah satunya aksi bakti sosial yang dilakukan perantau ini yaitu melakukan program sembako kepada masyarakat yang ada dikampung halamannya. Program ini diketuai oleh Rosalina Hasan (69).

“Program ini sudah berlangsung satu tahun lalu. Adanya bencana gempa melanda saudara kita di Lombok, Banten, Lampung, dan Palu.

Program ini terus berlanjut ke kampung halaman kami ini,” ujarnya saat hendak melaksanakan kegiatan tersebut di Surau Sidang, Jorong Bancah, Nagari Maninjau, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Senin (25/2).

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top