Kaba Pemko Bukittinggi

Pembukaan Jalan Ngarai Sampik Ditindaklanjuti

Bukittinggi, KABA12.com — Rencana pembukaan akses jalan Ngarai Sampik dan Ngarai Puhun di Kelurahan Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) disambut baik oleh masyarakat dan pihak kelurahan.

Pasalnya, pembukaan jalan itu nantinya akan memberikan akses terhadap pengembangan sektor wisata di kawasan dasar ngarai tersebut.

Anggota DPRD Bukittinggi, Rismaidi, menjelaskan, upaya pembukaan jalan Ngarai Sampik, dibutuhkan karena kawasan Ngarai Sampik dan Nagrai Puhun memiliki potensi untuk dikembangkan. Bahkan hal ini sangat mendukung terhadap pengembangan objek wisata Ngarai Sianok.

“Masyarakat dan pihak kelurahan sangat apresiasi dan menyambut baik atas rencana pembukaan jalan ini. Rencananya minggu depan, pihak kelurahan, tokoh masyarakat dan SOPD terkait akan meninjau kembali lokasi pembukaan jalan Ngarai Sampik dan Nagrai Puhun tersebut,” ujar Rismadi, usai rapat pengembangan wisata Ngarai Sampik dan Nagrai Puhun bersama Lurah Birugo, LPM, Ketua RT/RW dan stakeholder terkait di kantor lurah setempat, Jumat, (22/02) lalu.

Menurut Rismaidi, rapat dilakukan guna menindaklanjuti kembali hasil dari peninjauan lapangan yang telah dilakukan tahun lalu ke kawasan tersebut. Dalam peninjauan lapangan tahun lalu itu juga turut didampingi Lurah Birugo, Ketua LPM, Ketua RW/ RT Erizal Ketua Pemuda, dan tokoh masyarakat.

Dari rapat yang dilakukan ujar Rismaidi, pada prinsipnya pihak kelurahan setuju dengan pembukaan jalan baru itu, dimana anggaran tahap awal untuk pembukaan jalan itu juga telah ada yang dianggarkan melalui dana pokok pikiran (Pokir) dirinya selaku anggota DPRD dari daerah pemilihan (dapil) ABTB.

Namun demikian, tentu perlu juga dilakukan komonikasi yang intens terhadap pemilik lahan di dasar ngarai sianok tersebut, supaya nantinya tidak timbul permasalahan dan tidak ada yang merasa dirugikan.

“InsyaAllah awal Maret ini, kita akan tinjau kembali lokasi pembukaan jalan Ngarai Sampik dan Ngarai Puhun tersebut. Untuk anggrannya telah kita anggarkan melalui dana Pokir 2019 ini. Mudah-mudahan dengan pembukaan jalan baru ini, kawasan tersebut bisa berkembang menjadi destinasi wisata,” ungkap anggota dewan dari Fraksi PPP ini.

Rismaidi mengakui, anggran Pokir yang ia anggarkan untuk pembukaan jalan tersebut dalam rangka mendorong pengembangan sektor wisata Ngarai Sianok. Hal ini dilakukan karena lokasi Ngarai Sampik dan Ngarai Puhun memiliki potensi alam yang menjanjikan untuk pengembaangaan destinasi wisata di Kota Bukittinggi. Oleh karena itu, peluang yang ada ini harus dikembangkan, dengan tujuan untuk peningkataan ekonomi masyarakat.

“Apabila kawasan Ngarai Sampik dan Ngarai Puhun ini telah ramai dikunjungi wisatawan, tentu akan berdampak terhadap ekonomi masyarakat setempat. Selaku anggota dewan, kita ingin memberikan kontribusi ke daerah dalam bidang kepariwisataan dan sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.

Ditambahkan, rencananya kawasan tersebut dijadikan Destinasi wisata wahana bermain. Disamping itu juga akan dijadikan sebagai areal seni dan kuliner Kampuang serta wahana menarik lainnya.

“Selaku anggota DPRD dari daerah pemilihan ABTB, kita berharap Pemko Bukittinggi dapat merealisasikan keinginan masyarakat tersebut,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top