Kaba Terkini

Masyarakat Agam Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan PT. BSS

Manggopoh, KABA12.com — Ikatan Pemuda Sarasah Antokan beserta puluhan masyarakat Dusun Satu, Jorong Batu Hampar, Kenagarian Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), gelar unjuk rasa di depan PT. Bukit Sawit Semesta (BSS), Minggu (24/2).

Seperti yang disampaikan Ketua Ikatan Pemuda Sarasah Antokan Dusun Satu Jorong Batu Hampar Kenagarian Manggopoh, BZ. Dt Rajo Dihilia Hal tersebut dilakukan karena keberadaan PT. BSS tersebut menimbulkan banyak dampak buruk dari pada baiknya.

Dalam gelar unjuk rasa tersebut terdapat lima poin tuntutan masyarakat.

Pertama, masyarakat meminta kepada pimpinan PT BSS agar dapat menjelaskan keberadaan lokasi perusahaan tersebut.

Karena, didalam administrasi letak PT BSS di Pandam Jorong Pasa Durian sedangkan nyatanya PT tersebut berada di Rimbo Talang Dusun Satu Jorong Batu Hampar Manggopoh.

Kedua, masyarakat menuntut agar perusahaan dapat mengganti sawit masyarakat yang mati dan tidak dapat menghasilkan lagi.

Ketiga, masyarakat menuntut agar perusahaan segera menyelesaikan persoalan dengan pemilik lahan jalan swadaya karena jalur tersebut digunakan setiap hari untuk kepentingan perusahaan.

Keempat, masyarakat meminta agar pimpinan perusahaan dapat segera menyelesaikan kaitan serikat pekerja dan menjunjung tinggi hak pekerja untuk berserikat tenaga kerja bongkar muat di PT BSS.

Kelima, masyarakat meminta perusahaan untuk menyelesaikan hak ulayat ninik mamak.

“Seusai aksi, kita diajak mediasi dengan pihak perusaahan, mereka memenuhi tuntutan kita, tiga diantaranya difasilitasi oleh Wali Nagari,” katanya.
(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top