Catatan 12

RUSUNAWA ASN “TIT FOR TAT” ALA INDRA CATRI

Catatan : Tommy TRD- Kabag.Humas Sekab.Agam

Bukan “Tit for Tat’ ala Trump dan Xi Jin Ping dalam perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina. Dr. H. Indra Catri Bupati Agam ternyata juga memiliki skema “Tit for Tat” sendiri untuk meningkatkan produktifitas dan kinerja ASN di lingkup kabupaten yang dipimpinnya.

Jika antara Trump dan Xi Jin Ping, sanksi dibalas sanksi. Maka di tangan Indra Catri, fasilitas harus dibalas dengan kinerja.

Kamis 21 Februari 2019 yang lalu, Bupati Agam Dr. H. Indra Catri melakukan kunjungan khusus ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) ASN Pemerintah Kabupaten Agam yang berlokasi di Tengkong-Tengkong Lubuk Basung.

Rusunawa yang dibangun menggunakan APBN tersebut telah selesai pembangunan fisiknya pada tahun 2012, dan secara bertahap dilakukan finishing dan penyempurnaan fasilitas menggunakan APBD Kabupaten Agam.

Saat ini, Rusunawa berkapasitas 60 kamar itu telah memiliki fasilitas setara hotel berbintang dua. Setiap kamar sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, kamar mandi, TV, dan Air Conditioner (AC).

Rahmad Lasmono, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Agam yang ikut mendampingi Indra Catri pada kunjungan khusus tersebut menjelaskan, dari 60 kapasitas kamar yang tersedia, 50% sudah terisi dan ada yang sedang dalam proses registrasi. Sementara untuk sisanya sedang dalam proses pendataan calon penghuni.

“Saat ini dari kapasitas 60 kamar, 50% nya sudah terisi dan sudah memasuki proses registrasi. Sisa kamar yang masih tersedia saat ini tengah menunggu proses pendataan dan seleksi dari calon penghuni yang memenuhi kriteria dan persyaratan,” terang Rahmad.

Indra Catri mengharapkan, dengan hadirnya Rusunawa ini akan mampu menjadi pendorong produktifitas ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Agam.

Keberadaan Rusunawa ini tentunya akan mengeliminasi beberapa persoalan yang ada dalam pikiran ASN dalam melaksanakan tugasnya di Kabupaten Agam.

Mereka tidak perlu lagi memikirkan dimana akan berdomisili, dan bisa lebih fokus dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari.

“Antara human dan tools memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam meraih kesuksesan. Keduanya memiliki peran masing-masing. Meninggalkan salah satu aspek, maka keberhasilan adalah kemustahilan. Keberadaan rusunawa ini adalah bagian dari upaya kami dalam meningkatkan kinerja ASN di Kabupaten Agam. Aparatur yang berkualitas tanpa didukung tools atau equipment yang memadai, juga akan tetap kesulitan meraih performa puncaknya,” ujar Indra Catri.

Saat ini Rusunawa ASN Pemerintah Kabupaten Agam ini baru tersedia untuk ASN laki-laki. Bagi mereka yang belum berkeluarga, atau tidak membawa keluarga untuk berdomisili di Lubuk Basung, kamar-kamar di Rusunawa ini tersedia dengan tarif yang sangat terjangkau.

Rusunawa tiga lantai ini disewakan masing-masing lantai 1 seharga Rp. 200.000/bulan, lantai 2 seharga Rp. 150.000/bulan dan lantai 3 seharga Rp. 100.000/bulan.

“Kita sudah menyediakan sarana pendukung yang sangat baik bagi para ASN, sudah sewajarnya mereka juga harus mampu memberikan performa terbaik dalam mengabdikan diri sebagai abdi negara, abdi masyarakat,” tutup Indra Catri.-

HARMEN/*

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top