Kaba Terkini

Bupati Agam Hadiri RAT Koperasi Wilayah Banuhampu dan Sungai Puar

Banuhampu, Kaba12.com — Ratusan anggota Koperasi Wilayah Kecamatan Banuhampu dan Sungai Puar memenuhi Aula Kampus V UNP PGSD Bukittinggi menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-47, Sabtu (23/2).

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Agam Dr. Indra Catri. Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada KPN yang telah berhasil menjadi terbaik di Provinsi Sumbar, karena Koperasi Wilayah Banuhampu dan Sungai Puar yang sudah meraih prestasi terbaik satu di tingkat Provinsi Sumbar tahun 2018.

“Terima kasih telah membawakan harkat berkoperasi, saat ini Agam menjadi contoh bagi daerah lain. Mudah mudahan bisa berlanjut dan dipertahankan,” ujar bupati.

Turut mendampingi Camat Banuhampu, Camat Sungai Puar, Forkopimca Banuhampu dan Sungai Puar, pengurus KPN dan tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu, bupati menyebutkan, ada lima dasar mengapa pentingnya menghadiri acara RAT ke-47 KPN Banuhampu dan Sungai Puar. Pertama, KPN Banuhampu dan Sungai Puar menjadi terbaik di Sumbar. Kedua, koperasi dilaksanakan penuh kekeluargaan dan keceriaan. Ketiga, memiliki pengalaman yang panjang berkoperasi. Keempat, memiliki prospektif yang jelas ke depannya dan ke-lima, bisa menjadi prototaip dan contoh soal dalam mengembangkan koperasi sejenis bagi koperasi lainnya.

Ketua KPN Wilayah Sungai Puar dan Banuhampu, Bhaktis mengatakan
tujuan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini merupakan laporan pertanggung jawaban pengelolaan dana koperasi antara pengurus koperasi dan anggota koperasi.

Dijelaskan, jumlah simpanan pokok KPN per 31 Desember 2018 yaitu sebesar Rp.39.010.000 sedangkan simpanan wajib Rp7.216.000.000. Dengan jumlah anggota sebanyak 391 orang.

“Masing-masing anggota ditetapkan simpanan pokok sebesar Rp.100.000/bulan dan simpanan wajib Rp.200.000/bulannya,” ujarnya.
Pada tutup buku tahun 2018 jumlah seluruh modal KPN Wilayah Banuhampu dan Sungai Puar sebesar Rp.17.853.215.478. Sedangkan pada tahun 2017 jumlah modal Rp.18.507.030.583.

Menurutnya, terjadinya penurunan modal pada tahun 2018, dikarenakan adanya anggota yang keluar, pindah tugas atau pensiun.

“Saat ini kita juga menargetkan pengelolaan koperasi berbasis syariah,” ujarnya.

Usai membuka kegiatan itu, bupati juga menyempatkan hadir pada acara RAT ke-45 KPN Wilayah Baso, di auditorium IPDN Baso.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top