Kaba Terkini

Disdikbud Agam Kerahkan 28 Guru Pilihan “Godok” Naskah Soal USBN 2019

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam saat ini tengah menggodok naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu. Dimana soal-soal ujian tersebut nantinya akan digunakan saat pelaksanaan USBN serentak di Kabupaten Agam pada 1 hingga 6 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Firzal mengatakan, untuk membuat naskah soal USBN SMP itu Disdikbud Agam telah mengerahkan sebanyak 28 orang guru pilihan terbaik di daerah itu.

“28 orang guru pilihan itu sejak 19 hingga 23 Februari 2019 berjibaku membuat naskah soal USBN untuk SMP di hotel Sakura Syariah. Mereka terbagi dalam beberapa tim, karena ada tujuh soal matapelajaran yang disusun,” ujarnya pada KABA12.com, Jumat (22/02) di Lubukbasung.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada USBN nantinya yaitu, Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, serta mata pelajaran Prakarya.

Dia menjelaskan, soal USBN disusun mengacu pada kisi-kisi USBN yang telah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dimana bentuk soalnya terdiri atas pilihan ganda dan uraian, dengan lama waktu pelaksanaan ujian 120 menit, “rata-rata jumlah butir soal 35 hingga 45, lima soal uraian dan selebihnya pilihan ganda a,b,c,d,” ulasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian, kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama yang disiapkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Agam. Kemudian, sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru pilihan oleh Disdikbud Agam.

“Untuk soal USBN Pendidikan Agama dibuat oleh Kemenag Agam. Soal Seni Budaya, PJOK dan Prakarya disusun oleh masing-masing sekolah. Sementara enam soal mapel lainnya dibuat oleh 28 orang guru pilihan Disdikbud Agam,” kata Firzal.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Agam itu menambahkan, hasil USBN ini nantinya akan menjadi salah satu indikator kelulusan siswa, selain dari nilai sikap dan hasil nilai Ujian Nasional yang akan dilaksanakan setelah USBN pada 22-25 April 2019.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top