Kaba Pemko Bukittinggi

Pansus Penyandang Disabilitas Perkaya Referensi Ranperda

Bukittinggi, KABA12.com — Pansus ranperda penyandang disabilitas DPRD kota Bukittinggi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta. Pada kunker yang dilaksanakan tiga hari dari Senin (18/02) hingga Kamis (21/02) itu, pansus juga mengunjungi Kementerian Sosial RI di Jakarta.

Ketua pansus penyandang disabilitas, Dedi Fatria, menjelaskan, tim pansus melakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kab.Kulon Progo dalam rangka melakukan perbandingan dan mencari masukan tentang Penyandang Disabilitas. Karena, sebelum ranperda penyandang disabilitas yang merupakan ranperda inisiatif DPRD ini dijadikan Perda, tentu harus memiliki banyak masukan untuk dibahas bersama sebelum dijadikan Perda.

“Senin (18/02), rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kab.Kulon Progo, Eko Pranyoto. Dalam pertemuan itu cukup banyak masukan yang diterima. Salah satunya bagi penyandang disabilitas yang tidak masuk dalam daftar BDT dan PKH diberikan dana insentif berupa Jamkesos sebesar Rp 250.000 perbulan,” ujar Dedi Fatria.

Kemudian, lanjutnya, tim juga berkonsultasi dengan Kementerian Sosial RI di Jakarta, Rabu (20/02). Rombongan pansus penyandang disabilitas DPRD Bukittinggi ini diterima Kabag Hubungan Antar Lembaga, Dian Setiawan dan Direktorat Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Luar panti, Agus Sudiono (Tuna Netra) dan Biro Hukum, Khairil.

“Pada kesempatan pertemuan dengan Kementerian Sosial itu, pansus mendapatkan masukan, bahwa sudah ada 21 kabupaten/Kota dan 7 Provinsi di Indonesia yang memiliki Perda Penyandang Disabilitas. Untuk itu, Kementerian Sosial RI juga mendukung DPRD Kota Bukittinggi dalam pembentukan Perda Penyandang Disabilitas ini. Seluruh SKPD terkait juga diminta untuk dapat mendukung program disabilitas ini. Terutama jajaran Dinas PU-PR dalam setiap pembangunan fasilitas umum ataupun perkantoran agar menyediakan jalur untuk penyandang Disabilitas,” jelas Dedi Fatria.

Rombongan pansus penyandang disabilitas yang melakukan kunjungan kerja, Dedi Fatria (Ketua Pansus), Syaiful Efendi, Nursyida, M.Nur Idris, Asri Bakar, Edison Katik Basa, Zulius Sutan Rajo Alam, didampingi dua wakil Ketua DPRD, H. Triamon dan Yontrimansyah. Sementara, ikut hadir dari pihak eksekutif, Asisten I Setdako Bukittinggi, Noverdi dan Kadis Dukcapil, Ridwan Efendi serta didampingi sejumlah ASN dari Sekretariat DPRD Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top