Kaba Pemko Bukittinggi

O2SN Bukittinggi Dimulai, Upaya Tanamkan Kejujuran Sejak Dini

Bukittinggi, KABA12.com — Walikota Bukittinggi membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD dan SMP tingkat Kota Bukittinggi. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Atas Ngarai, Rabu (20/02).

O2SN tingkat kota Bukittinggi akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 20 sampai tanggal 22 Februari 2019. Kegiatan itu diikuti oleh 300 peserta yang akan mengikuti 3 cabang olah raga, atletik, renang dan bulu tangkis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Melfi Abra, menjelaskan, O2SN ini merupakan salah satu strategi nation and caracter building atau pembangunan terhadap seluruh potensi yang ada dalam rangka membangun watak bangsa. O2SN ini diadakan dalam rangka mengembangkan bakat dan minat peserta didik, mengembangkan jiwa sportifitas.

Baca Juga:  Dinsos Agam Salurkan 8000 Telur Untuk Panti Asuhan

“Selain itu, dapat menumbuhkan jiwa kompetitif, rasa percaya diri dan rasa bertanggungjawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuh kembangkan nasionalisme dan cinta tanah air serta menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik agar prestasi olahraga dan prestasi akademis dapat dicapai dengan baik,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi penyelenggaraan O2SN in. Karena kegiatan O2SN sebagai bagian dari sistem pembinaan olahraga yang bertujuan untuk menjaring bibit atlit berbakat dalam bidang olahraga, untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan menjadi atlet daerah. O2SN ini menjadi momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara jujur dan sehat.

Baca Juga:  Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemerintah Rendah, Bupati Agam Minta Inovasi OPD

“Kami berharap sejak dari dini anak-anak diajarkan jujur, sebab olahraga itu mengedepankan sportifitas. Jangan diajarkan hal yang tidak benar, jangan berolahraga untuk mencari nama atau hal-hal yang tidak baik lainnya dan jangan cepat berpuas diri dengan yang telah dicapai saat ini,” ungkap Ramlan.

Walikota juga berharap kepada para kepala sekolah agar lebih memperhatikan dengan baik bakat anak dan membina serta mengarahkannya sesuai dengan bakatnya tersebut.

Baca Juga:  Kedatangan Wapres di Unand Disambut Demo Mahasiswa

Pemerintah daerah akan menyiapkan fasilitas untuk itu, kepada juri juga diingatkan bahwa dalam olahraga tidak ada istilah KKN, kemampuan anak-anak harus dihargai dan jadilah juri yang sesuai dengan protapnya.

“Pemko Bukittinggi berharap kontingen Kota Bukittinggi nantinya mampu berprestasi pada ajang O2SN yang lebih tinggi lagi baik tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional, sebagaimana prestasi yang mampu diraih diajang O2SN pada tahun-tahun sebelumnya, diupayakan untuk bisa dipertahankan bahkan ditingkatan lagi,” ulasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top