Kaba Terkini

Cegah Penularan HIV/AIDS Pemkab.Agam Screening Seluruh ASN

Lubukbasung, KABA12.com — Dalam rangka pencegahan penularan HIV/AIDS di Kabupaten Agam, Dinas Kesehatan Agam akan melakukan screening HIV/AIDS bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah itu, yang diawali dengan sosialisasi HIV/AIDS di Aula Kantor Dinas Kesehatan Agam, Rabu (20/02).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra Rusli mengatakan, screening HIV/AIDS bagi seluruh ASN Kabupaten Agam ini merupakan tindaklanjut dari instruksi Bupati Agam. Dimana hal ini bertujuan supaya virus HIV lekas terdeteksi dan bisa segera dilakukan penanggulangannya, sehingga tidak berkembang menjadi AIDS.

“virus HIV dapat menular melalui beberapa cara yakni, melalui transfusi darah, jarum suntik yang tercemar, hubungan seks yang tidak aman dan dari ibu ke anaknya. Untuk kita lakukan sosialisasi kepada OPD, pemerintah kecamatan dan nagari, agar mengetahui bagaimana penularan HIV ini,”ujarnya.

Lebih lanjut, Indra Rusli mengatakan, screening HIV/AIDS adalah tes yang berguna untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus HIV atau tidak, melalui pengambilan sampel darah atau urine.

“Screening ini akan kita mulai pada 28 Februari mendatang yang diawali dari Dinas Kesehatan Agam dan akan berakhir pada 28 Maret mendatang. Semuanya telah kita persiapkan mulai dari tim pemeriksaan, bahan-bahan yang kita gunakan dan lainnya ,” ulasnya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top