Kaba Terkini

Terbaik di Sumbar, DPMN Agam Dikunjungi DMPN Solok

Lubukbasung, kaba12.com — Sukses menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) kabupaten Agam menjadi objek studi komperatif berbagai daerah.

Seperti halnya Selasa,(19/2) rombongan DPMN Solok studi komperatif sambil mempelajari strategi yang dilaksanakan DPMN Agam dalam mendorong kegiatan pemerintahan di nagari.

Rombongan studi komperatif DPMN Solok itu diterima kepala DPMN Agam Teddy Martha, didampingi Sekretaris, Kabid Keuangan dan pejabat eslon 4 DPMN Agam, Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian dan TA Infrasruktur Reza Fahlevi di ruang pertemuan DPMN Agam.

Sementara rombongan Pemkab Solok, diikuti Kabid Keuangan dan Asset Nagari Rosmadelli,SKM.M.Biomed, Kasi Fasilitasi Asset Nagari Ilentina Putri, SH, Kasi Fasilitasi Pengeloaan Keuangan Nagari Peffi Aike Yandra, Kasi Fasilitasi Pertanggungjawaban dan Sistim Informasi Nagari Azwarni, S.Sos.

Dalam kunjungan tersebut, dibahas berbagai aspek, terutama terkait dengan konsitensi dalam penataan pengelolaan keuangan nagari, ” terkait sistim itulah yang dipelajari DPMN Solok ke Pemkab Agam,” sebut Teddy Martha.

Disebutkan Teddy Martha, yang utama adalah penyamaan persepsi pengelolaan keuangan nagari pasca Permendagri 20 tahun 2018, “karena hal itu kunci penting,” ulasnya.

Rombongan DPMN Solok sengaja memilih Kabupaten Agam sebagai tempat untuk berdiskusi sekaligus mempelajari tentang tata cara pengelolaan keuangan nagari seperti disebutkan Rosmaselli SKM, M.Biomed Kabid Keuangan dan Asset Nagari PMN, karena selama ini pengelolaan keuangan nagari di Sumatera Barat, Kabupaten Agam selalu konsisten dalam melahirkan regulasi dan menjalankannya sampai ke pemerintahan nagari sehingga Kabupaten Agam menjadi rujukan di Sumatera Barat oleh daerah lain.

Kadis PMN Agam Teddy Martha menambahkan, penataan pengelolaan keuangan nagari di Kabupaten Agam, dilakukan dengan penyamaan persepsi yang melibatkan OPD terkait serta memfungsikan seluruh tenaga pendamping dibawah arahan Bupati dan Wakil Bupati.

Ditambahkan, perhatian yang besar dari Bupati dan Wakil Bupati yang memberi penekanan agar dana yang dikelola oleh pemerintahan nagari bisa dilaksanakan dengan transparan dan efektif serta memberikan dampak terhadap percepatan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

” Kami OPD pelaksana secara bersama membuat pola yang sistematis mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan, ” jelas Teddy.

Disebutkan, pihaknya juga menyiapkan regulasi yang menjamin kepastian hukum bagi nagari dalam melaksanakan kegiatan dan melibatkan camat sebagai belahan jiwa Bupati di wilayah kecamatan untuk mengkoordinir pemerintahan nagari.

“Intinya adalah komitmen dari pimpinan daerah, kebersamaan OPD serta konsistensi menaati aturan mulai dari nagari, kecamatan sampai kabupaten, ” tegas Kadis PMN Agam itu lagi.

Secara khusus Teddy Martha mengungkap terimakasih atas kunjungan DPMN Solok tersebut, kunjungan itu menjadi motivasi agar Agam bisa lebih baik lagi kedepan.

Sementara Camat Tanjung Mutiara Yogi Astarian, mengulas saat dimintai tanggapannya menyebutkan, kecamatan memiliki kewenangan untuk merekon keuangan nagari sekaligus melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan di Nagari.

Ditambahkan, petugas kecamatan juga mendapatkan ilmu dari Bintek dan Pelatihan yang diberikan oleh DPMN Agam sehingga petugas memiliki bekal dalam mendampingi dan mengawasi kegiatan-kegiatan di Nagari.

” Yang utama kerjasama yang harmonis disemua leading sektor yang membuat tatanan itu terbangun dalam satu sistem yang baik,” sebut Yogi Astarian.

Rombongan DPMN Solok juga dijamu khusus keluarga besar DPMN Agam sebagai wujud silaturrahmi dua daerah tersebut.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top