Kaba Terkini

BPBD Agam Dorong Sekolah Bentuk KSBS

Lubukbasung, Kaba12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendorong seluruh sekolah yang berada di daerah rawan bencana alam untuk membentuk Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS).

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi S pada Kaba12.com, Selasa (19/2), hal ini mengingat daerah kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang rawan bencana alam.

Keberadaan KSBS itu diharapkan mitigasi bencana bisa disampaikan secara terstruktur berupa pelatihan dalam menghadapi bencana, pertolongan terhadap korban dan lainnya.

Ia mengakui, baru ada empat sekolah yang memiliki KSBS di daerah itu. Sementara Kelompok Siaga Bencana Nagari atau desa adat sebanyak 49 kelompok dan Forum Pengurangan Resiko Bencana dua kelompok.

“Dengan cara itu kita targetkan seluruh sekolah, nagari dan lainnya memiliki forum siaga bencana pada 2021,” tambahnya.

Terkait hal itu, Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara, Nasril, mengatakan pihaknya bakal membentuk KSBS dalam waktu dekat, mengingat sekolah itu berdekatan dengan pantai yang beresiko bencana gempa bumi dan tsunami.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top