Kaba Pemko Bukittinggi

SDN 11 Aur Kuning Menuju Sekolah Adiwiyata

Bukittinggi, KABA12.com — SDN 11 Aur Kuning mulai melangkah menuju sekolah adiwiyata, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Kepala SDN 11 Aur Kuning, Endang Suryanti Negsih, mengatakan, program sekolah adiwiyata yang akan dimulai, tentu tidak hanya sebatas mengejar prestise. Namun sejatinya, bagaimana program Adiwiyata yang diterapkan dapat membentuk karakter siswa dan warga sekolah untuk memberikan perhatian terhadap lingkungan, baik itu lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat mereka sendiri.

Dengan melangkah ke sekolah adiwiyata, diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi semua warga SDN 11 Aur Kuning, dan masyarakat sekitar pada umumnya. Untuk itu butuh dukungan dari siswa dan guru serta stakeholder terkait untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah berwawasan dan ramah lingkungan.

“Alhamdulillah, tahun ini kita telah siap melangkah untuk penilaian Adiwiyata tingkat Kota Bukittinggi. Segala aspek dalam penilaian adiwiyata ini telah kita persiapkan. Termasuk kelengkapan dokumen dan pembenahan lingkungan sekolah,” ujar Endang.

Menurut rencana ujar Endang, verifikasi lapangan penilaian sekolah adiwiyata tingkat kota ini akan dilakukan pada Februari mendatang. Sehubungan dengan akan dilakukannnya penilaian verifikasi tersebut, maka pihak sekolah berharap agar penilaian verifikasi di SDN 11 Aur Kuning bisa dipercepat. Hal ini mengingat bangunan SDN 11 Aur Kuning akan dibangun baru oleh Pemko Bukittinggi tahun ini, sehingga bangunan sekolah yang lama akan dibongkar semua.

“Tahun ini ada beberapa sekolah di Bukittinggi yang akan dibangun baru oleh Pemko Bukittinggi, termasuk salah satunya SDN 11 Aur Kuning. Oleh karena itu kita berharap verifikasi lapangan untuk penilaian adiwiyata ini dapat dilakukan sebelum pembongkaran sekolah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Endang menuturkan, dalam dua tahun terakhir SDN 11 sudah mulai menampakkan jati dirinya dalam bidang pendidikan, baik itu dari segi akademik sekolah maupun non akademik. Hal ini berkat terobosan dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mendorong prestasi sekolah. Berkat upaya yang dilakukan itu, sejumlah prestasi berhasil diraih SDN 11 Aur kuning, baik untuk tingkat kota maupun provinsi.

“Kita akan terus berupaya untuk mendorong prestasi sekolah, sehingga jati diri sekolah dalam bidang pendidikan benar-benar terlihat. Disamping itu kita juga mendorong peningkatan kerja guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan, sehingga nantinya guru yang bersangkutan bisa menorehkan prestasi,” tutup Endang.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top