Kaba Terkini

Longsor, Gedung SD 14 Lambah Nyaris Tertimbun

IV Koto, KABA12.com — Gedung Sekolah Dasar (SD) 14 Lambah Jorong Lambah Nagari Sianok Anam Suku Kecamatan IV Koto nyaris tertimbun longsor.

Hal itu disebabkan karena tebing yang berada dibelakang gedung sekolah tersebut sudah beberapa kali menghantam sekolah tersebut. Jika tidak dilakukan pembangunan, sekolah itu akan ditimbun longsor.

Seperti yang diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam Wahyu Bestari, Senin (18/2) amblasnya tebing di belakang sekolah tersebut, diakibatkan tidak adanya drand Ac di sepanjang jalan yang menghubungkan Bukittinggi dan Nagari Sianok tersebut. Akibatnya ketika hujan datang maka jalan tersebut lah yang menjadi dract Ac dari air tersebut.

“Apalagi akibat gempa beberapa tahun belakangan ini masih meninggalkan bekas tanah-tanah yang retak-retak. Bisa saya dibayangkan kalau tanah retak didorong dengan air besar tentu bisa kita bayangkan akan terjadi longsor akibat retakan tersebut,” ujar Wahyu.

Sementara itu dari pihak BPBD Agam bersama Dinas PUTR saat sekarang ini melakukan kajian-kajian yang bisa menyelamatkan sekolah dasar tersebut dari ancaman longsor. Terutama BPBD harus membuat drant ac untuk pembuangan air seketika hujan datang. Kalau tidak dilakukan pembangunan drant ac maka bisa dipastikan longsor menimbun SD itu.

Kami juga menghimbau kepada masyarakat atau kepada guru-guru yang mengajar di sekolah dasar tersebut, agar selalu waspada.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top