Kaba Terkini

Kelompok Siaga Bencana Nagari Pagadih Dikukuhkan

Pagadih, Kaba12.com — Relawan bencana Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Pagadih dikukuhkan oleh Wali Nagari Pagadih Aliwar, Sabtu (16/2) di Kantor Wali Nagari di Pagadih.

Saat pengukuhan, Aliwar mengatakan, dengan adanya kelompok tersebut, saat terjadi bencana masyarakat bersama KSB bisa saling bekerjasama untuk membantu warga yang terkena bencana.

Sementara itu, Camat Palupuh diwakili Sekcam Iskandar menyambut baik dan mengapresiasi BPBD Agam yang telah membantu pembekalan bagi kelompok siaga bencana di Nagari Pagadih.

‘’Semoga dengan terbentuknya KSB ini bisa mengantisipasi dan menanggulangi bencana secara dini.’’ ujarnya

Setelah pengukuhan, anggota KSB juga diberi pembekalan. Pembekalan tersebut di berikan langsung oleh Kepala pelaksana BPBD Agam melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S,M.Pd.

Selain pembekalan, KSB bersama masyarakat Pagadih dilaksanakan simulasi singkat dan evakuasi mandiri bagi diri sendiri, keluarga, kelompok dan komunitas bersama wali nagari, wali jorong, Bamus dan tokoh masyarakat di Pagadih.

Simulasi dan evakuasi tersebut dilakukan karena mengingat bahwa kesiapsiagaan diri sendiri itu penting terdapat hampir 35% kita siap diri sendiri dan kesiapkan keluarga 31% dan kesiapsiagaan orang lewat hanya sekitar 29%. Selebihnya dibantu SAR dan lain-lain.

Susunan kepengurusan KSB Nagari Pagadih Kecamatan Palupuh sebagai koordinator dipercayakan kepada Depi Itri, Sekretaris Etni Yunizar dan Bendahara Tika Iswara, yang dilengkapi dengan berbagai bidang yang terkait dengan kebencanaan.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top