Kaba Terkini

Tiga Isu Strategis Dibahas Dalam Musrenbang Canduang

Canduang, Kaba12.com — Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kupas tiga isu strategis dalam tingkat kecamatan 2019 di Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Kamis (14/2), di gedung serbaguna Nagari Bukik Batabuah.

Seperti yang disampaikan Camat Canduang, Fauzi mengatakan, isu paling mendasar dalam rencana pembangunan 2020 seperti, infrastruktur pertanian baik jalan usaha tani maupun irigasi.

Isu selanjutnya masalah ekonomi lokal masyarakat. Dan isu yang cukup penting adalah masalah pendidikan dan kesehatan.

Ketiga isu strategis tersebut penting untuk dikupas, karena dari beberapa waktu lalu, sering terjadi bencana berskala kecil sehingga jalan usaha tani dan irigasi banyak yang rusak.

Sedangkan untuk isu masalah ekonomi masyarakat, di Canduang memiliki potensi yang besar seperti berkebun tebu yang luasnya mencapai 1.300 hektare. Tidak hanya berkebun tebu, potensi kopi pun juga sangat bagus, karena kualitas kopi didaerah tersebut sangat bagus.

Hal tersebut penting untuk digalakkan, tentunya bantuan dari pemerintah sangat diperlukan.

Sedangkan untuk isu pendidikan dan kesehatan, ada semacam filtrasi dari modernisasi saat ini, karena kemudahan dalam mengakses media sosial juga dapat pengaruhi pola pikir generasi.

“Mengatasi hal ini, tentu perlu peningkatan kualitas pendidikan agar generasi tidak terpengaruh dari kemajuan teknologi saat ini. Agar generasi tetap berakhlak mulia sesuai tuntutan adat istiadat di Kabupaten Agam,” kata camat.

Dikatakan, isu-isu tersebut menjadi pokok pembahasan dalam Musrenbang untuk kebijakan pembangunan tahun 2020. Sedangkan hasil dari kegiatan itu, ditentukan berdasarkan keputusan peserta dalam musyawarah yang meliputi OPD Agam, anggota DPRD Agam, walinagari, Bamus, KAN, organisasi kepemudaan dan lainnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top