Kaba Terkini

Lestarikan Dan Cintai Kesenian Tradisional

Garagahan, kaba12.com — Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, arahkan anak nagari untuk lebih cintai kesenian tradisional.

Hal tersebut merupakan dukungan pemerintah nagari terhadap Peraturan Bupati (Perbup) No.12 tahun 2016 tentang aturan pementasan orgen tunggal dan kesenian tradisional.

Seperti diungkapkan Walinagari Garagahan Marlius, Minggu, (10/2), untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak terpengaruh dengan efek negatif dari menikmati hiburan orgen tunggal, pihaknya mengajak dan mendukung penuh generasi muda untuk mengembangkan kesenian tradisional yang bisa berdampak baik untuk masyarakat itu sendiri, seperti bisa melestarikan budaya dan musik tradisional khas Minangkabau.

Baca Juga:  Tim Tari SMPN 1 Tanjung Raya Wakili Agam di FLS2N Provinsi Sumbar

“Dari pemerintah nagari kita sudah membentuk Komunitas Budaya Nagari Garagahan sebagai wadah untuk komunikasi seluruh pengurus, penggiat sanggar seni, pemuda, niniak mamak dan tokoh masyarakat, dan untuk pengembangannya dianggarkan melalui dana nagari, serta kegiatannya menjadi agenda rutin setiap minggunya” jelasnya.

Baca Juga:  Tanjung Raya Amankan 185 APK Salahi Aturan

Saat ini Nagari Garagahan memiliki sebelas sanggar seni tradisional seperti tambua tansa, Randai, tari piriang, silek, pasambahan dan pidato adat, dari sanggar diantaranya, Nan Kanduang dari Kampuang Tanjuang jorong II, Tuan Sakoto dari Koto Manampuang jorong IV, Baringin Sakti dari Bancah Taleh jorong I, Cimpago dari Kampuang Chaniago jorong III.

Baca Juga:  Toleransi Perpanjangan SIM Terakhir Besok

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top