Kaba Terkini

Pemilu 2019, 16 warga Binaan di Agam Terdaftar Sebagai Pemilih Tetap

Lubukbasung, Kaba12.com — Sebanyak 16 dari 858 warga binaan di Lembaga Masyarakat (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di daerah terdaftar pada daftar pemilih tetap Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Agam, Riko Antoni pada Kaba12.com di Lubukbasung, Kamis (7/2), 16 warga binaan itu berasal dari Lapas Klas II B Lubukbasung empat orang dari 287 warga binaan.

Sedangkan di Lapas Klas II B Biaro delapan orang dari 537 warga binaan dan Rutan Maninjau empat orang dari 34 warga binaan.

KPU telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam untuk melakukan uji biometrik atau pembenaran data. Jika belum masuk DPT atau warga di luar Agam, maka mereka akan dimasukan pada Daftar Pemilih Khusus Dua (DPK2).

Namun bagi warga binaan yang bukan warga Agam, mereka akan dimasukan ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam, Misran, perekaman data ini untuk menyukseskan Pemilu dan memberikan hak suara kepada pemilih di Lapas dan Rutan.

“Kami juga melakukan perekaman data KTP-el bagi warga yang belum memiliki KTP dalam mengakomodir hak suara masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya di Lapas dan Rutan, Disdukcapil Agam juga melakukan perekaman data pelajar yang telah berusia 17 tahun saat hari pemilihan.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top