Kaba Terkini

Kekurangan Tenaga Guru, Pemkab Agam Cari Format Pembukaan P3K

Lubukbasung, KABA12.com — Terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) membuka peluang kalangan profesional untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dimana para profesional dapat mengisi Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu.

PP ini juga mewajibkan agar setiap istansi pemerintah menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan P3K berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang diperinci per 1 (satu) tahun berdasarkan prioritas kebutuhan.

Hal itu menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Agam, karena masih banyak sekolah di wilayah tersebut yang membutuhkan tenaga pengajar guru.

“Kita sudah rapat mengenai P3K di Batam, tapi belum ada kata putus dalam pertemuan itu, belum ada petunjuk teknis tentang itu, dan kita juga lagi mencari format yang bagus untuk P3K ini, karena kita masih butuh PNS terutama tenaga guru di sekolah,” ujar Bupati Agam, Indra Catri usai menyerahkan SK pengangkatan CPNS formasi tahun 2018 di aula Bappeda, Rabu (06/02).

Indra Catri menyebutkan, dari 1.400 peserta CPNS Agam tahun 2018, yang diangkat untuk menjadi PNS baru hanya 251 orang. Hal itu tentu masih belum memenuhi kebutuhan pegawai negeri sipil di Kabupaten Agam.

“Lulusan formasi CPNS 2018 baru 1/6 mencukupi kebutuhan, kita masih butuh lima kali pembukaan seleksi CPNS lagi untuk memenuhi kebutuhan Pemkab Agam,” sebutnya.

Baca juga: Kabupaten Agam Kekurangan 1.656 Guru SD

Bupati menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu aturan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait dengan pembukaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Kita tunggu aturan mainnya, bagi formasi yang kurang nanti kita tes lagi, melalui jalur seleksi untuk memenuhi formasi yang kurang dan melalui jalur P3K,” jelasnya.

(Jaswit)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 279 Honorer Eks K-II Di Agam Berpeluang Ikuti Seleksi P3K – Kaba12.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top