Kaba Terkini

BPBD Agam Giatkan Pelatihan Siaga Bencana di Sekolah

Lubukbasung, KABA12.com — Jelang pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang akan digelar serentak seluruh Indonesia pada 26 April 2019 mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam memberikan pendidikan dan pelatihan simulasi gempa bumi terhadap 466 orang siswa dan guru SD Negeri 21 Surabayo, Kecamatan Lubukbasung, Rabu (06/02).

Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi mengatakan pihaknya merutinkan agenda pelatihan simulasi bencana alam terhadap sekolah, karena lingkungan sekolah dianggap cukup riskan akan korban bencana, diantaranya seperti kejadian gempa bumi.

“Edukasi kebencanaan terhadap siswa dan warga masyarakat sangat perlu dilakukan. Apalagi pada 26 April 2019 mendatang kita juga akan memperingati hari kesiapsiagaan bencana, dan itu serentak diseluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Adapun materi sosialisasi yang diberikan tim BPBD pada warga SD Negeri 21 Surabayo itu diantaranya, bagaimana cara untuk menyelamatkan diri saat terjadi gempa, yang dimulai dari melindungi kepala menggunakan tas dan berlindung dibawah meja, serta melakukan menyelamatkan diri ke jalur evakuasi yang telah diarahkan. BPBD juga tak luput mengingatkan agar siswa selalu siaga sesuai dengan moto kesiapsiagaan di Agam, #AwakSiap AwakSalamaik.

Edukasi serta pelatihan simulasi gempa bumi yang diberikan tim BPBD Agam itupun mendapat respon positif dari pihak sekolah. Seperti yang disampaikan Kepala SD Negeri 21 Surabayo Lubukbasung, Maimon Hidayat, S.Pd.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BPBD Agam yang telah menyampaikan materi sosialisasi tentang kebencanaan sekaligus simulasi gempa bumi terhadap siswa kami yang berjumlah 439 siswa dan 27 orang guru beserta pegawai dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan ini kita berharap agar seluruh warga sekolah dapat mengaplikasikan jika terhadi bencana gempa bumi, dan kita juga berharap agar hal ini dapat kembali disampaikan siswa kepada orangtua serta masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing sehingga bermanfaat,” jelasnya.

Yunaidi menambahkan, untuk pelaksanaan HKB di Kabupaten Agam nantinya, direncanakan akan dipusatkan di Kecamatan Tanjungmutiara, dengan agenda latihan kesiapsiagaan menghadapi bencana tsunami.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top