Kaba Terkini

Maelo Pukek, Tradisi Nelayan Pasia Paneh yang Bertahan Hingga Kini

Tiku, KABA12.com — Tradisi ‘Maelo Pukek’, masih menjadi tradisi turun temurun yang masih dipertahankan kalangan nelayan di wilayah Pantai Tanjung Mutiara, salah satunya nelayan di Jorong Pasia Paneh, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara.

“Maelo pukek merupakan salah satu tradisi yang masih kita pertahankan hingga saat ini, karena tradisi ini merupakan turun temurun dari nenek moyang kami dan menjadi salah satu cirri khas kita disini,”kata Wali Jorong Pasia Paneh, Nagari Tiku Selatan, Syafrinal kepada kaba12.com, Selasa (05/02).

Syafrinal mengatakan, dalam maelo pukek ini para nelayan akan melepas pukek hingga ke tengah laut menggunakan kapal, lalu akan ditarik secara bersama-sama oleh 15 orang hingga 30 orang orang nelayan sampai ketepi pantai dalam kurun waktu sampai 2 jam.

“Dalam satu hari, nelayan dapat maelo pukek bisa 2 hingga 5 kali. Hal ini tergantung dari cuaca dan hasil tangkapannya. Jika cuaca kurang bagus dan hasil tangkapan pertama sedikit, para nelayan hanya maelo pukek sekali saja, tapi sebaliknya jika cuaca bagus dan hasil tangkapan pertama banyak, mereka akan lanjut mamukek bahkan hingga sore hari,”ujarnya.

Ia menambahkan, hasil tangkapan dari maelo pukek ini terdapat berbagai macam jenis ikan, seperti ikan tenggiri, gabua dan ikan karang lainnya. Dimana hasil tangkapan itu nantinya akan dibagi secara bersama-sama.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top