alterntif text

Kaba DPRD Agam

Fraksi Demokrat Sarankan Semua Pihak Berperan Aktif Dalam P2PA

Lubukbasung, KABA12.com — Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Agam mengharapkan semua pihak berperan aktif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan guna untuk mengatasi kasus kekerasan pada anak dan perempuan.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Fraksi Demokrat Feri Adrianto pada rapat paripurna penyampaian padangan umum fraksi terhadap Ranperda Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA), di aula utama DPRD Agam, Senin (4/2).

Ia menyebut Kabupaten Agam terkenal dengan masyarakatnya yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat istiadat dengan filosofi ‘anak dipangku kamanakan dibimbiang’. Maka dari itu mestinya anak dan perempuan terlindungi dari berbagai macam tindak kekerasan.

“Namun, faktanya berbanding terbalik, dimana masih terdapat berbagai bentuk tindak kekerasan, ekploitasi dan penelantaran, sebagaimana yang disampaikan oleh Bupati Agam pada nota penjelasan ranperda tersebut,” kata Feri Adrianto.

Fraksi Demokrat menyarankan agar secara kelembagaan niniak mamak melalui Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang ikut berperan aktif bersama pemerintah nagari dalam melakukan pembinaan dan pengawasan untuk mengatasi kasus kekerasan pada anak dan perempuan.

“Sehingga tidak ditemukan lagi anak jalanan, anak terlantar, keluarga bermasalah dengan kejiwaan, tindak kekerasan, eksploitasi dan penelantaran,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan banyak anak yang masih belum akte kelahiran yakni sekitar 31,82 persen fraksi Demokrat mempertanyakan sejauh mana peran ranperda tersebut mengatur koordinasi dengan dinas terkait dalam menuntaskan hak sipil anak untuk mendapat akte kelahiran dan KIA serta memberikan perlindungan dan kemudahan kepengurusannya.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top