Kaba Terkini

Dinas Pertanian Akomodir Rp.7,9 Miliar Dana Pokir DPRD Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Dinas Pertanian Kabupaten Agam pada tahun 2019 mengakomodir Rp. 7,9 miliar dana pokok pikiran (Pokir) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Zufren di Lubukbasung mengatakan dana sebanyak itu terdiri dari 66 paket berupa pengadaan jalan usaha tani, alat mesin pertanian dan irigasi.

“Dana pokir anggota dewan itu dipostkan Rp. 6 miliar untuk bidang pertanian dan Rp. 1,9 miliar untuk bidang perkebunan. Ini dapat sedikit mengurangi pembiayaan pertanian,” ujarnya.

Selain mengakomodir dana pokir anggota dewan setempat, Dinas Pertanian Agam juga mendapat bantuan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 2,6 miliar dari APBN.

Akan tetapi menurutnya, mayoritas dana yang diakomodir tersebut masih didominasi untuk pembangunan fisik, “jarang sifatnya untuk pembinaan kelompok tani, kita berharapnya ada yang dialokasikan untuk pembinaan sehingga kapasitas petani kita juga meningkat,” harapnya.

Zufren menambahkan, sebelum kontrak pengerjaan tersebut dilaksanakan, saat ini pihaknya tengah menunggu kelengkapan proposal kegiatan dari masing-masing anggota dewan.

“Karena kegiatannya terpecah-pecah di beberapa wilayah, nanti sistemnya dengan penunjukan langsung,” jelasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top