Kaba Terkini

Save Maninjau, Pariwisata Nagari Sungai Batang Berbenah

Sungai Batang, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama Pemerintah Kecamatan juga terfokus pembenahan pariwisata Nagari Sungai Batang.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Jumat lalu (1/2), mengatakan banyak potensi yang ada di Nagari tersebut seperti Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Cagar Budaya Rumah Baca, Dermaga, Konservasi Penelitian LIPI.
Selain itu, di sana juga terdapat Komplek Masjid dan Makam Kakek Buya Hamka bernama Syekh Muhammad Amrullah dan Komplek Makam Syekh Abdul Karim Amrullah (Ayah Hamka) beserta Kutubchanah yang terdapat ratusan manuskrip.

‘’Dari dermaga Pasar Sungai Batang, wisatawan menuju Konservasi LIPI, menikmati keindahan eduwisata di sana. Setelah itu baru menuju tambatan perahu ke Museum. Pemanduan tersebut akan di lakukan oleh pemandu wisata mengikuti alur yang kita rancang.’’ungkapnya

Oleh sebab itu, pihaknya sekarang bekerjasama dengan pemilik lahan untuk membahas terkait pengelolaan dilokasi pengembangan destinasi wisata Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Kita menata serius sehingga nilai edukasi, humanis, reliqius dan ekonomis dapat dirasakan semua pihak.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top