Kaba DPRD Agam

Sempurnakan Ranperda Pariwisata, Komisi IV Kunker ke Disparpora Tanah Datar

Tanahdatar, KABA12.com — Untuk mencari referensi terkait dengan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Pariwisata, Komisi IV DPRD Kabupaten Agam kunjungan kerja ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar.

Rombongan DPRD Agam yang dipimpin Ketua Komisi IV Irfan Amran itu, dihadiri Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Wakil Ketua Taslim, Anggota Komisi IV dan Kabag Anggaran Arnel serta pendamping komisi.

Kedatangan DPRD Agam disambut Sekretaris Disparpora Kabupaten Tanah Datar, Deddy Prihatin didampingi Kabid Pariwisata Yendra Aprilla, di Ruang kerjanya, Jumát (1/2).

Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra, menyampaikan maksud dan tujuan pihaknya mengunjungi Disparpora Tanah Datar adalah guna untuk sharing dan mencari informasi serta meminta masukan-masukan terkait dengan pengelolaan pariwisata di Tanah Datar, supaya nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Agam.

“Sama-sama kita tahu, Tanah Datar juga memiliki banyak objek-objek wisatanya. Tentu ada mekanisme yang dilakukan oleh pemerintah untuk pengelolaannya. Saat ini kita melalui Komisi IV tengah menyusun Ranperda Inisiatif tentang Pengelolaan Pariwisata dan sudah masuk pada tahap finalisasi. Maka dari itu, kita kesini untuk meminta masukan-masukan dari Disparpora Tanah Datar terkait dengan hal tersebut,” jelas Ketua DPRD Agam itu.

Ketua Komisi IV DPRD Agam, Irfan Amran menambahkan, terkait dengan ranperda inisiatif tersebut, pihaknya telah melakukan diskusi publik dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Dari hasil diskusi tersebut semua pihak sangat mengharapkan ranperda tersebut dijadikan peraturan daerah (Perda) secepatnya.

“Kita di Kabupaten Agam memiliki banyak objek-objek wisata, namun Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita masih jauh dari harapan, meski tiap tahun kita telah meningkatkan sarana dan prasananya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Disparpora Tanah Datar, Deddy Prihatin mengatakan untuk pengelolaan pariwisata pihaknya melakukan beberapa langkah seperti melakukan promosi-promosi termasuk bekerjasama dengan majalah-majalah untuk memperkenalkan objek-objek wisata di daerah itu.

“Kita melakukan promosi-promosi dengan dan bekerja sama dengan beberapa majalah, dimana kita memperkebalkan kuliner-kuliner, pakaian, home stay yang ada di Tanah Datar. Dengan adanya hal tersebut dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar ini,” kata Deddy.

Tidak hanya itu, Deddy juga menyebut pihaknya juga mengikuti event-event yang didaerah lain seperti songket, kuliner dan event-event lainnya. Ia juga mengikutsertakan kabupaten/kota lain dalam event-event yang diadakan di Kabupaten Tanah Datar.

(Virgo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top