Kaba Terkini

Laju Pertumbuhan Ekonomi Agam Tak Capai Target

Lubukbasung, KABA12.com — Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Agam, Drs. Welfizar, M.Si mengatakan, ekonomi Kabupaten Agam dari tahun 2016-2018 tumbuh baik yang ditunjukkan dengan laju pertumbuhan ekonomi. Meski tumbuh baik namun belum mencapai target.

Welfizar merinci, pada tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Agam sebesar 5,4% dari target yang diharapkan sebesar 5,95%. Kemudian tahun 2017 laju pertumbuhan ekonomi Agam sebesar 5,43% dari target 6% yang diharapkan.

“Sedangkan capaian pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 angka sementara sebesar 5,4% dari target 5,8% yang diharapkan.Pertumbuhnan ekonoomi meskipun tumbuh baik, namun belum mencapai target,” ujarnya.

Menurutnya, kenaikan PDRB ini murni disebabkan oleh meningkatnya produksi diseluruh lapangan usaha, tidak dipengaruhi inflasi.

Selama tiga tahun terakhir struktur perekonomian Kabupaten Agam tetap didominasi oleh lima kategori lapangan usaha, yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan, perdangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, kemudian industri pengolahan, konstruksi serta transportasi dan pergudangan.

Bila dicermati, kontributor terbesar dalam pembentukan PDRB Kabupaten Agam pada tahun 2017 berasal dari lapangan usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan yaitu 31,91 persen atau sebanyak Rp 5.812.744,9 milyar yang mencakup dalam subkategori pertanian tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan, serta jasa pertanian dan perburuan hewan yang ditujukan untuk dijual.

Selanjutnya kontributor terbesar kedua,lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 18,49 persen atau Rp. 3.369,41 milyar. Disusul oleh lapangan usaha industri pengolahan sebesar 11,07 persen atau mencapai Rp. 2.017,37 milyar.

Berikutnya lapangan usaha konstruksi yang berkontribusi mencapai Rp. 1.559,48 milyar atau sebesar 8,56 persen, dan kontributor terbesar kelima dalam pembentukan PDRB Kabupaten Agam pada tahun 2017 yaitu lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 6,44 persen atau sebanyak 1.172,63 milyar.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top