Kaba Terkini

Pemkab.Agam Terapkan Pola Pertanian Kawasan

Lubukbasung, KABA12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat mulai menerapkan pola pertanian kawasan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di masing-masing kecamatan.

“Pola kawasan yang dimaksud yaitunya, menfokuskan satu produk unggulan yang potensial dikembangkan di satu kecamatan,” ujar Sekretaris Distan Agam, Zufren pada KABA12.com di Lubukbasung.

Ia mengatakan, pemerintah daerah telah memetakan apa saja potensi yang kuat di masing-masing kawasan kecamatan.

Baca Juga:  Tanggapi Aspirasi, DPRD Minta SP 3 Ditunda

Seperti halnya produksi Kopi dapat ditemui mulai dari Kecamatan Palembayan, Ampekkoto, hingga ke Canduang. Kemudian Jeruk, bisa ditemukan mulai dari daerah Canduang, Baso, Kamangmagek, Tilatangkamang hingga Palupuah.

“Pola kawasan ini sudah mulai kita angsur agar lebih fokus. Salah satunya seperti kawasan agrowisata petik jeruk yang ada di Baso, pola kawasan seperti itu lebih bagus, efektif dan efisien. Serta harga jualnya pun lebih mahal dibanding kita menjual ke toke,” jelasnya.

Baca Juga:  Walikota Apresiasi Gerakan Tahfidz Al-Quran 100 Remaja Masjid

Zufren menambahkan, arahan menerapkan pola kawasan telah disampaikan Bupati Agam Indra Catri sebelumnya. Karena dengan adanya pola kawasan, akan menonjolkan satu produk unggulan di satu wilayah, sehingga daerah tersebut memiliki ke khasan sendiri dan dapat dikembangkan menjadi destinasi pariwisata.

“Bupati menginginkan masing-masing kecamatan memiliki sesuatu yang diunggulkan, sehingga pengunjung atau wisatawan dapat langsung berkunjung ke kawasan tersebut,” tambahnya.

Baca Juga:  Mahasiswa IAIN Bukittinggi KKN Di Malalak

Untuk mewujudkan hal itu semua katanya butuh peran serta semua pihak, “ini perlu kita kembangkan, tapi ini butuh peran semua pihak, dengan menerapkan pola sinergitas dan terpadu, karena pertanian tidak ada apa-apa jika tidak ada bantuan dari yang lain, hasil pertanian butuh pemasaran, butuh sarana prasarana dan lainnya,” terangnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top