Pariwara Pemkab Agam

Dorong Sarana Ekonomi, Jalan Sepanjang 8 km Dibangun Swadaya

Upaya mendorong lancarnya arus transportasi untuk kegiatan ekonomi masyarakat di kawasan nagari persiapan Parik Panjang, kecamatan Lubukbasung dan sangat besarnya berbagai jenis hasil perkebunan dan pertanian yang dikelola masyarakat, sementara sarana jalan yang memadai relative membuat H.M.Kasmir berinisiatif membangun jalan secara swadaya.

Ruas jalan yang dibangun sepanjang 8 km tersebut, mulai dari Parik Panjang- Silayang-Koto Batu dan Ampu tembus ke Lubukbasung yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan diresmikan bupati Agam Doktor Indra catri siang tadi.

Yang luar biasa, pembangunan ruas jalan yang bisa menjadi jalur utama mendukung usaha dan kegiatan ekonomi pertanian-perkebunan masyarakat itu, murni dilandasi swadaya masyarakat, tidak hanya dalam konteks pengerjaan dan alat berat milik H.M.Kasmir, tapi juga pembebasan ruas lahan yang terdampak pembangunan jalan sebanyak 57 pemilik lahan dari 6 suku dilakukan secara swadaya tanpa biaya sepeserpun.

Bahkan, pengerjaan ruas jalan itu sendiri, tidak hanya menggunakan alat berat, masyarakat di sepanjang ruas jalan yang dibangun, ikut berpartisipasi, bergotong royong bersama, dari berbagai usia, berpartisipasi agar ruas jalan itu bisa segera tuntas, “Alhamdulillah, partisipasi masyarakat sangat luar biasa, kami berterimakasih, “ ungkap H.M.Kasmir.

(***).

Swadaya Masyarakat Luar Biasa

Selaku tokoh masyarakat Lubukbasung H.M.Dt.Maruhun, mengaku bangga atas besarnya perhatian dan dukungan masyarakat terhadap kemajuan kampung. Pembangunan ruas jalan dengan kekuatan swadaya itu menjadi salah satu kunci kemajuan yang harus terus dibangun.

M.Dt.Maruhun yang juga Sekab.Agam itu mengaku bangga dengan dukungan dan komitmen bersama masyarakat, dalam mendorong terealisasi pembangunan ruas jalan tersebut, bahkan yang luar biasa, dukungan masyarakat dalam pembebasan lahan yang sepenuhnya swadaya termasuk kegiatan gotong royong rutin yang dilakukan.

Sekab Agam itu, optimis, apa yang diperlihatkan masyarakat Parik Panjang, Ampu, Silayang, Koto Batu dan di kawasan ruas jalan yang dibangun itu, menjadi salah satu contoh yang akan ditiru oleh masyarakat, khususnya di kecamatan Lubukbasung, karena yang dilakukan sepenuhnya untuk membangun masyarakat dalam mendorong peningkatan kesejahteraan.

Martias wanto Dt.Maruhun, berharap, ruas jalan sepanjang 8 km tersebut bisa segera rampung dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, untuk mendukung aktivitas usaha dan kegiatan pertanian, mengingat sangat banyak areal perkebunan dan persawahan milik masyarakat yang dilintasi ruas jalan yang dibangun tersebut.

“ Kita harus didukung bersama, karena apa yang dilakukan, sepenuhnya untuk membantu masyarakat,  kami sangat berterimakasih pada bapak H.M.Kasmir, “ sebutnya lagi.-

Pemkab.Agam Dukung Penuh, Rampung, Langsung Hootmix

Bupati Agam Doktor Indra catri memberi apresiasi luar biasa pada H.M.Kasmir dan masyarakat yang berperan aktif dalam merealisasikan pembangunan ruas jalan sepanjang 8 km, dengan swadaya murni masyarakat.

Ruas jalan yang dibangun, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian luar biasa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan geliat pembangunan di Lubukbasung, yang justru sangat diharapkan pemerintah selama ini.

Bupati Agam Indra catri menyebutkan, swadaya dan perhatian luar biasa yang diperlihatkan dalam pembangunan ruas jalan sepanjang 8 km, bahkan dengan pembebasan lahan milik 64 warga dari 6 suku, merupakan salah satu wujud kepedulian bersama yang harus terus dipertahankan.

Wujud rasa bangga dan apresiasi Pemkab Agam, bupati Indra catri meyakinkan, pihaknya akan langsung membantu pembangunan ruas jalan itu dengan aspal hotmix, “ catatannya, sepanjang 8 km itu, harus dengan lebar 8 meter, sehingga pemerintah bisa menjadikan ruas jalan itu sebagai salah satu sarana penting yang ideal dimanfaatkan, kita akan hotmix, lebarnya 8 meter ya, “ tegas Indra catri.

Pembangunan ruas jalan penting yang digarapkan H.M.Kasmir yang didukung swadaya masyarakat tersebut, yang membanggakan Pemkab Agam, justru diback up dengan semangat gotong royong, melibatkan berbagai unsur masyarakat, bahkan, hampir setiap hari, masyarakat turun ke lapangan melaksanakan gotong royong bersama, sehingga semangat membangun kampuang tersebut betul-betul terlihat nyata.

-(***).-

Dukung Kemajuan Kampung Halaman

Sementara menurut H.M.Kasmir, upayanya membangun ruas jalan yang melintasi Parik Panjang-Ampu-Silayang-Koto Batu-Lubukbasung itu, sepenuhnya sebagai upaya mendorong tersedianya sarana jalan yang memadai untuk masyarakat.

Pasalnya, di kawasan itu perlu didukung jalur alternatif, selain jalur jalan yang sudah ada dibangun pemerintah, namun karena jalurnya alternatif, diperlukan solusi lain untuk memudahkan masyarakat menjangkau lokasi-lokasi yang cukup jauh.

Disebutkan H.M.Kasmir, pihaknya sudah merancang sejak lama pembangunan ruas jalan tersebut, bahkan secara pribadi dia mengaku salut dan bangga dengan dukungan masyarakat Lubukbasung khususnya di ruas jalan yang dilewati jalur jalan tersebut, termasuk dukungan warga dengan gotong royong.

“Ini yang luar biasa, semangat gotong royong masyarakat,memberi motivasi tersendiri bagi kami untuk segera menuntaskan ruas jalan tersebut, apalagi bupati Agam memberi dukungan dengan merencanakan pembangunan aspal hotmix , Alhamdulillah, semoga ruas jalan ini memberi manfaat untuk masyarakat banyak, “ sebut H.M.Kasmir lagi.

Program pembangunan ruas jalan tersebut masih berlanjut, menggunakan alat berat dan dukungan goro masyarakat, yangjustru sangat berharap,ruas jalan itu segera rampung dan dimanfaatkan.

– (***).-

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top