Kaba Terkini

3.949 Siswa SLTP Akan Ikuti UNBK April Mendatang

Lubukbasung, kaba12.com — Sebanyak 3.949 dari 4.909 siswa SLTP di Kabupaten Agam, bakal mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019.

Kepala Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Firzal di Lubukbasung, Selasa(29/1), mengatakan 3.949 siswa itu berasal dari 45 sekolah tersebar di 16 kecamatan.

Dari 45 sekolah itu, 25 sekolah melaksanakan UNBK secara mandiri dan 20 sekolah melaksanakan di sekolah lain.

Menjelang UNBK, tambahnya para siswa ini akan mengikuti belajar tambahan untuk mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

Setelah itu, mereka akan mengikuti latihan dalam membahas soal yang bakan diuji dan komputer sebanyak dua kali pertemuan. Uji coba manual sebanyak tiga kali pertenuan.

“Ini bertujuan agar siswa bisa menyelesaikan seluruh jawaban, sehingga memiliki nilai yang bagus,” katanya.

Selain siswa mengikuti UNBK, sebanyak 960 siswa dari 16 sekolah juga mengikuti ujian nasional kertas pensil (UNKP).

Ditambahkan, pihaknya akan mengusulkan penambahan komputer dan penambahan jaringan internet ke sekolah yang belum melaksanakan UNBK.

Pada 2019, sebanyak sembilan sekolah mendapatkan bantuan komputer dari dana alokasi khusus dan tiga sekolah dari dana insentif.

“Pada 2020, kita mengusulkan 20 sekolah mendapatkan bantuan komputer,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMPN 6 Palembayan, Adriwandi menambahkan, sekolah itu mengikuti UNKP dengan jumlah siswa 34 dari 70 siswa dan pelaksanaan ujian itu di SMPN 6 Palembayan.

“Sebelumnya siswa mengikuti UNKP bergabung di SMPN 3 Palembayan dan pada tahun ini kita menyelenggarakan sendiri,” katanya.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top