Kaba Terkini

Tingkatkan Layanan, BPN Agam Canangkan Zona Integritas

Lubukbasung, KABA12.com — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Agam, Kamis (24/01) mendeklarasikan pencanangan Zona Integritas eksternal, di aula kantor Bupati Agam di Lubukbasung.

Hadir dalam pencanangan itu Kepala Kanwil BPN Sumbar yang diwakili Kabid Infrastruktur Pertanahan Ahmad Yahdi, Bupati Agam Indra Catri, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan ratusan masyarakat Kabupaten Agam.

Kepala BPN Kabupaten Agam, Delni Heriswan mengatakan pencanangan Zona Integritas eksternal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan lebih efektif kepada masyarakat.

Pada momen itu BPN Agam juga menyerahkan 887 sertifikat hak atas tanah dan 813 peta bidang tanah program PTSL bagi masyarakat di Nagari Gaduik, Kampungpinang, Kampungtangah, Batutaba dan Ampanggadang.

Kabid Infrastruktur Pertanahan Kanwil BPN Sumbar, Ahmad Yahdi menyebutkan, sebagai bentuk inovasi dalam hal layanan, BPN Agam akan membuka ‘Teras Agraria’ untuk wilayah Agam timur yang segera akan direalisaskan. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat agar tidak jauh lagi untuk mengurus surat pertanahan ke kantor BPN di lubukbasung.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPN Agam, ini lah sesuatu yang diharapkan masyarakat. Mudah-mudahan diterimanya sertifikat tanah yang dibagikan ini, disamping menjadi jaminan kepastian hukum dan bukti kepemilkian tanah mungki juga ada nilai lebih dari setifikat tanah bagi masyarakat. Sementara untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat,” harapnya.

Apresiasi juga diberikan Bupati Agam Indra Catri. Dia berharap zona integritas yang telah dicanangkan BPN benar-benar diterapkan.

“Pengalaman, biasanya masyarakat mengeluhkan rumitnya pengurusan surat tanah di BPN, tapi sekarang BPN sendiri yang telah berkomitmen untuk berjujur-jujuran, karena sudah mencanangkan zona integritas. Kami selalu mendukung apapun program yang dilakukan BPN, yang penting urusannya tidak berbelit-belit dan jelas, mudah dan tidak ada bayaran, kita akan dukung,” ujar Bupati Agam.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top