Kaba Terkini

Jelang HKB 2019, BPBD Agam Latih Kesiapsiagaan Siswa Hadapi Bencana

Lubukbasung, KABA12.com — Jelang pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang akan digelar serentak seluruh Indonesia pada 26 April 2019 mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam memberikan pelatihan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi kepada siswa-siswi SDN 47 Parikpanjang, Nagari Lubukbasung, Kabupaten Agam, Rabu (23/01).

Kepala SDN 47 Parikpanjang, Yasnimar disela kegiatan mengatakan, ada sekitar 64 orang siswa dan 12 orang guru ikut berpartisipasi dalam simulasi yang diberikan BPBD Agam tersebut. Mengaku baru pertama kali mendapat pelatihan kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi, dia bersama seluruh warga sekolah sangat antusias mengikuti simulasi itu.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada tim BPBD Agam yang telah memberikan pendidikan dan pelatihan ini. Kami baru pertama kali mendapat sosialisasi tentang kebencanaan sekaligus simulasi gempabumi ini, semoga siswa benar-benar dapat memanfaatkan pengetahuan yang disampaikan tim BPBD Agam,” ujarnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Agam diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi menyebutkan pada situasi darurat diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat untuk mengurangi resiko bencana, sehingga latihan kesiapsiagaan bencana ini penting dilakukan.

“Mengingat kita tinggal didarah rawan bencana, latihan berkala perlu dilakukan agar kita memiliki insting kesiapsiagaan sehingga selamat dari bencana, salah satunya dari bahaya bencana gempa bumi yang hari ini kita sosialisasikan kepada siswa-siswi SDN 47 Parikpanjang,” ujarnya.

Yunaidi menambahkan, untuk pelaksanaan HKB di Kabupaten Agam nantinya direncanakan akan dipusatkan di Kecamatan Tanjungmutiara, dengan agenda latihan kesiapsiagaan menghaapi bencana tsunami.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top