alterntif text

Kaba Terkini

Lima Hari ‘Kekeringan” Konsumen PDAM Agam Tapakiak

Lubukbasung,kaba12.com. — Konsumen PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam “tapakiak” menyusul jebolnya pipa distribusi utama di kawasan Simpang Batukambiang (BK) Pasa Lamo, Lubukbasung sejak Rabu lalu. Tercatat lebih dari 2000 konsumen PDAM Agam di wilayah Lubukbasung”kekeringan” sejak lima hari terakhir.

Hingga Minggu,(20/1), distribusi air bersih PDAM Tirta Antokan itu masih belum lancar, sehingga para konsumen terpaksa harus melakukan beragam cara untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga, baik untuk kebutuhan konsumen, MCK, dan kebutuhan lain.

Baca Juga:  Nasdi Azid,SH Walinagari Guguak Tabek Sarojo

Pantauan kaba12.com, hingga Minggu, aktivitas perbaikan pipa distrubusi utama di Simpang BK masih dikerjakan petugas PDAM, dan belum diperoleh informasi kapan perbaikan akan rampung. Sementara solusi lain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih untuk para konsumen tidak terlihat, hanya para konsumen yang berinisitif membeli air bersih ke pengusaha galon, atau mandi dan mencuci ke sungai terdekat.

Beberapa konsumen PDAM Agam kepada kaba12.com menyebutkan, akibat bocornya pipa distribusi PDAM Agam tersebut, mereka terpaksa mencari sumber air bersih baru, dengan membeli air ke pengusaha air kemasan ulang, atau menyediakan bak penampungan khusus, termasuk harus mencari sungai yang bersih untuk MCK, “ kacau juga juga kondisi ini berlangsung lama, “ sebut Rian, konsumen PDAM Agam di Padang Baru, Lubukbasung.

Baca Juga:  Jalur Palupuah Makan Korban, Motor Vs Innova Tabrakan di Kelok Pincuran

Keluhan serupa disebutkan Indra, konsumen PDAM Agam di Hilir Pasar Lubukbasung, yang mengaku harus mencari sumber air sekitar 4 km dari kediamannya, “ kami harus ke Batang Antokan, untuk MCK, untuk air minum, terpaksa beli air galon, “ sebutnya.

Baca Juga:  Walinagari Manggopoh Lantik Dewan Hakim

Sebelumnya, direktur PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam Endri Melson, mengakui saat ini tercatat lebih dari 40 persen konsumennya terdampak akibat bocornya pipa distribusi utama tersebut. Pipa yang bocor, saat ini dalam proses penggantian, dimana sebelumnya pipa yang digunakan jenis paralon, dan saat ini, tim tekhnis PDAM Agam menggantinya dengan pipa besi, dengan sistim pengelasan, karena yang bocor justru pipa leter T ukuran 200 mili dengan diameter 2 inchi.

“Kita upayakan secara maksimal, distribusi air bersih bisa segera normal, tim teknis kami sedang bekerja keras untuk menyelesaikan perbaikan tersebut,“ sebut Endrimelson lagi. -HARMEN.-

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top