Kaba Terkini

Selama 5 Tahun, 56 Kelompok Siaga Bencana Terbentuk

Lubukbasung, kaba12.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, mencatat sebanyak 56 kelompok siaga bencana sudah terbentuk dan siap dalam mengurangi risiko bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Yunaidi Sikumbang di Lubukbasung, Jumat(17/1), mengatakan kelompok siaga bencana itu dibentuk oleh pemerintah nagari, sekolah dan kecamatan.

“Kelompok siaga bencana itu dibentuk semenjak 2014 hingga 2019 dan sudah ada dikukuhkan. Anggota kelompok telah dibekali dengan pelatihan tentang pertolongan pertama membantu korban banjir, tsunami, longsor dan lainnya,” katanya.

Ditambahkan 56 kelompok siaga bencana itu berasal dari Kelompok Siaga Bencana Nagari sebanyak 49 kelompok.

Selain itu, Kelompok Siaga Bencana Sekolah empat kelompok dan Forum Pengurangan Resiko Bencana dua kelompok.

“Setiap tahun kelompok siaga bencana itu terbentuk sekitar 10 kelompok dan pihaknya berusaha untuk mendorong seluruh nagari, sekolah dan kecamatan memiliki kelompok siaga bencana,” tegasnya.

Dengan cara itu, pihaknya berharap 82 nagari, sekolah dan 16 kecamatan di daerah itu memiliki kelompok siaga bencana pada 2021 mengingat Agam merupakan daerah rentan bencana alam seperti, longsor, banjir, gempa bumi, erupsi gunung merapi dan lainnya.

“Dengan keberadaan kelompok siaga bencana itu, maka mereka akan memberikan pertolongan sebelum satuan tugas BPBD sampai ke lokasi,” katanya.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top