Kaba Terkini

Kementrian PUPR Rehabilitasi 745 Unit Rumah

Lubukbasung, kaba12.com — Kabupaten Agam, memperoleh Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk merehabilitasi 745 unit rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2019.

Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam, Rudi Hendri di Lubukbasung, Jumat(17/1) mengatakan ke 745 unit rumah itu merupakan usulan Pemkab.Agam pada 2018.

Dijelaskan pada awalnya pemerintah Agam mengusulkan 1.000 unit rumah tidak layak huni yang masih memiliki lantai tanah, dinding papan dan atap rumbia untuk direhab, namun yang disetujui Kementerian PUPR hanya 745 unit.

Dari 745 unit rumah itu terdiri dari program strategis sebanyak 237 unit tersebar di Kecamatan Ampekangkek 74 unit, Sungaipua 57 unit, Ampekkoto 40 unit, Tilatangkamang 42 unit dan Palupuh 24 unit.

Sementara program reguler 330 unit tersebar di Kecamatan Baso 30 unit, Matur 90 unit, Lubukbasung 90 unit, Ampeknagari 120 unit.

Selain itu ada program dari dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 178 unit untuk Kecamatan Banuhampu.

“Khusus di Banuhampu melalui program kota tanpa kumuh,” katanya.

Surat keputusan verifikasi rumah yang mendapatkan bantuan sudah keluar, dan tim telah melakukan verifikasi ke lapangan.

Saat ini tinggal menunggu surat keputusan pelaksanaan pembangunan rumah tersebut dari Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat surat keputusannya turun, sehingga pembangunan segera dilakukan,” katanya.

Setiap rumah akan mendapatkan bantuan stimulan sebesar Rp17,5 juta untuk membeli bahan bangunan dan upah.

Bantuan tersebut tidak berupa uang, tetapi bahan bangunan, karena uang tersebut langsung ditransfer ke rekening toko bangunan berdasarkan penunjukan dari kelompok sesuai rancana anggaran belanja untuk kebutuhan memperbaiki rumah itu.

“Dana akan dikirim setelah pemilik toko bangunan mengirimkan bahan. Selama pembangunan akan diawasi oleh fasilitator dan tim dari Pemkab Agam,” katanya.

Pihaknya setiap tahun mengusulkan rehab rumah tidak layak huni ke Kementerian PUPR dan Agam mendapatkan bantuan BSPS sebanyak 981 unit pada 2018.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top