Kaba Terkini

Pipa Transmisi PDAM Bocor, 2000 Pelanggan di Lubukbasung Tak Dapat Suplai Air Bersih

Lubukbasung, KABA12.com — Pipa transmisi milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, di Simpang Batu Kambiang Pasar Lubukbasung bocor. Kebocoran pipa yang terjadi sejak Senin (14/01) siang mengakibatkan 2000 lebih pelanggan tidak bisa menerima distribusi air.

Direktur PDAM Tirta Antokan Agam, Endri Melson di Lubukbasung, Kamis (17/01), mengatakan pipa yang bocor itu merupakan saluran distribusi air dari sumber air Siguhung ke Balai Akad dan kawasan Simpang Tigo serta Balai Salasa. Pipa berbentuk ‘T’ dengan ukuran 200 mili meter dengan diameter 8 inch.

Menurutnya, ada sekitar 30% hingga 40% atau 2000-an pelanggan di wilayah Lubukbasung yang terdampak dari kebocoran pipa transmisi ini. Dia pun telah mengerahkan tim teknis PDAM Tirta Antokan untuk segera memperbaiki kebocoran itu.

“Kami membutuhkan waktu untuk memperbaikinya, karena perlu membuat baru. Sebelumnya pipa tersebut jenis paralon, namun kini kita ganti dengan pipa besi, sehingga perlu di Las agar tidak mudah bocor. Namun kami akan terus berupaya untuk menyelesaikan perbaikan pipa yang bocor tersebut secepatnya,” sebut Direktur PDAM Trirta Antokan Kabupaten Agam.

Disisi lain, salah satu pelanggan, Wari yang tinggal di kawasan Muaro Batu Galeh, mengatakan mampetnya air ini sangat berdampak baginya, karena air merupakan kebutuhan sehari-hari.

“Dengan kendala mati air ini semuanya susah, mandi, cuci piring dan untuk wudhuk sholatpun susah. Meski sudah punya alat penampung, tapi air itu tidak cukup. Semoga PDAM dapat segera memperbaikinya,” harapnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top