Kaba Terkini

Warga Bayur Serahkan 3 Ekor Kucing Hutan ke BKSDA

Maninjau, kaba12.com — Tiga ekor satwa dilindungi jenis kucing hutan (Pardofelis Marmorata) diserahkan oleh Warga Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam.

Satwa yang berusia 20 hari tersebut ditemukan oleh salah satu warga Nagari Bayur, paman Apreza. Saat ditemukan satwa tersebut terpisah dari induknya.

Penyerahan tersebut dilakukan oleh Apreza Putri Pratama kepada Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam Ade Putra.

‘’Kucing hutan ini akan diamankan di BKSDA Agam sementara waktu hingga cukup usia untuk dilepas liarkan ke habitatnya,” ujarnya lagi.

Satwa tersebut dilindungi berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. Serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.92 tahun 2018 tentang daftar jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Jadi masyarakat dihimbau yang memiliki, menyimpan dan memelihara satwa liar dilindungi agar menyerahkan ke BKSDA Agam. Berdasarkan peraturan yang ada, setiap orang dilarang menangkap, membunuh, melukai, memiliki, menyimpan, mengangkut, memelihara dan memperniagakan tumbuhan dan satwa dilindungi. Jika hal itu dilakukan akan diancam dengan pidana 5 (lima) tahun dan denda 100 juta rupiah.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top