Kaba Terkini

Nazif dan Nurhasni Juara Lomba ” Rumah Teladan Menyemai 2018″ di Tilkam

Tilatang Kamang, kaba12.com —Pemerintah kecamatan Tilatang Kamang gelar lomba rumah “teladan menyemai” dengan kategori halaman rumah bersih,indah, berbunga dan berbuah 2018.

Dalam lomba tersebut, rumah milik Nazif dan Nurhasni keluar sebagai pemenang lomba halaman bersih indah, berbunga dan berbuah tingkat kecamatan Tilatang Kamang Tahun 2018.

Lomba halaman bersih indah, berbunga dan berbuah ini dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan Tilatang Kamang yang penilaianya dilaksanakan pada akhir Desember 2018.

Penyerahan hadiah dilakukan Senin,(14/1) langsung ke rumah pemenang lomba.

Untuk tahun 2018 pemenangnya Nurhasna di jorong III Kampung Nagari Gadut, juara 2 dirauh rumah Yurmaita, di Jorong Aro Kandikir Nagari Gadut, dan juara 3 diraih rumah Ana di Jorong Tanjung Barulak Nagari Koto Tangah.

Untuk para pemenang diberikan reward berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar masing-masing juara 1 Rp 750.000, juara 2 Rp 500.000 dan juara 3 Rp 250.000,-

Camat Tilatang Kamang Ade Harlien menjawab kaba12.com menjelaskan, dari hasil penilain tim terhadap juara 1, rumah Nurhasna dan Nazif, berusia 71 tahun yang pensiunan guru tersebut adalah jumlah tanaman buah-buahan lebih dari 3 macam seperti buah naga, nangka, sawo, pisang, durian, sirsak, jambu biji, juga ada tanaman obat keluarga (toga) dan bunga yang tertata rapi serta mempunyai pagar hidup di sekeliling pekarangan.

Dijelaskan Ade Harlien, selain itu rumah semi permanen itu sangat bersih dan dihiasi dengan tanaman bunga hidup didalam ruangannya, ” lomba ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan halaman dengan baik, tertata bersih, karena hal itu sepenuhnya untuk masyarakat,” sebut Ade Harlien.

Lomba khusus yang digagas dan dikoordinir TP. PKK Tialatang Kamang, itu mendapat apresiasi banyak pihak, pasalnya lomba tersebut merupakan inovasi baru untuk memotivasi masyarakat dalam rangkaian program Agam menyemai.

Ketua TP. PKK Tilatang Kamang Ny. Vonni Ade menjawab kaba12.com, lomba itu sengaja digagas pihaknya, untuk mendorong warga memanfaatkan banyak potensi yang dimiliki, terutama sebagai aplikasi program Agam menyemai, dan kegiatan rutin PKK.

Dijelaskan Ny.Vonni Ade, lomba itu sengaja dirilis dengan kreteria penilaian jumlah dan jenis tanaman seperti, toga, dapur hidup dan buah buahan.

Kemudian, penilaian penataan dan pengelompokan tanaman, pengetahuan tentang manfaat tanaman, dan kebersihan pekarangan,” kategori penilaian ini sangat kompleks dan ketat dan seluruh masyarakat bisa melihat langsung,” sebutnya.

Sementara untuk penilaian, pihaknya melibatkan instansi yang ada di kecamatan yang di bentuk dalam satu tim, yakni PKK, UPT Pertanian, UPT KB, Bundo Kanduang dan Puskesmas, ” kita ingin mendorong seluruh warga berperan dan memanfaatkan potensi lahan pekarangan, karena manfaatnya sangat banyak, kami berharap lomba ini bisa memotivasi seluruh masyarakat,” ulas Ny.Vonni Ade Harlien lagi.

Menjawab kaba12.com, Camat Tilatang Kamang Ade Harlien mengulas, tujuan lomba itu untuk menyemarakkan program Agam menyemai di Kecamatan Tilatang Kamang yang sasarannya halaman atau pekarangan rumah masyarakat.

Kegiatan ini merupakan terobosan terobosan untuk menyukseskan program Agam menyemai, ” program- program inovatif akan terus kita laksanakan untuk menyukseskan Agam menyemai ini,” jelasnya.

Ditambahkan Ade Harlien untuk tahun 2019 kegiatan lomba ini akan dilaksanakan secara berjenjang dari jorong, nagari dan kecamatan, yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah nagari di kecamatan Tilatang Kamang.
HARMEN

1 Comment

1 Comment

  1. Ika

    15 Januari 2019 at 07:39

    Selamat mak dang atas prestasi nya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top