Kaba Terkini

PKK Nagari Batu Palano Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Taman Bunga

Sungai Pua, kaba12.com — Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, manfaatkan lahan tidak produktif jadi taman bunga dan pusat kuliner di kawasan talago.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Nagari Batu Palano, Erman Dt Bangso Dirajo selaku pembina PKK nagari kepada Kaba12.com, Minggu (13/1).

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menunjukkan kerja nyata PPK dalam menggerakan perekonomian. Dan kegiatan ini hendaknya menjadi contoh bagi Nagari lainnya.

“lahan yang seluas lebih kurang 200 meter per segi tersebut merupakan lahan yang tidak produktif, karena tidak ada tanaman yang bisa tumbuh kecuali gulma dan bunga,”ungkapnya.

Disamping itu, Ketua PKK Nagari Batu Palano, Asnidar mengatakan, setelah mendapat bimbingan dari Pokja Sumbar Geopark Ranah Minang, ibu PKK termotivasi ingin merubah kondisi nagari yang selama ini hanya bertani, sekarang ditambah usaha lain dalam kelompok PKK. Karena sebelum ada kegiatan ini, pihaknya hanya melakukan gerakan secara individu dan kelompok senam.

Hal senada juga diungkapkan anggota Pokja Sumbar Geopark Ranah Minang, Osronita.

Menurut Osronita, nanti pihaknya hanya mencari cara bagaimana lahan tidak produktif jadi produktif dan lahan tidak potensial untuk pertanian dimanfaatkan sebagai wisata. Namun sebelumnya ibu PKK telah dulu membangun taman bunga dan mengembangkan kuliner wisata ditempat itu.

“Pembangunan taman bunga seiring dengan tujuan PKK, dengan dibangunnya wisata kuliner ditambah dengan pembangunan taman, itu tentunya lebih menarik banyak,” katanya.

Disamping itu, kawasan talago juga berpotensi dijadikan objek wisata. Hal tersebut dapat dilihat dari lokasi yang bisa dibangun panggung terapung, taman wisata alam dan lainnya.

”Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan tersebut menjadi tempat yang bernilai ekonomis,” pungkasnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top