News Lokal

Batas Wilayah Jadi Prioritas Penting Menuju Nagari Defenitif

Lubukbasung, KABA12.com — Camat Lubukbasung diwakili Sekretaris Camat, Rio Eka Putra mengatakan, menuju nagari defenitif terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, perangkat nagari persiapan Sangkir, Kecamatan Lubukbasung yang baru dilantik, diharapkan bekerja maksimal dan sering berkonsultasi dengan stakeholder terkait.

“Menuju nagari defenitif terdapat 8 item yang harus dipenuhi, diantaranya, batas nagari, perangkat nagari, jumlah KK, jumlah KTP dan Administrasi lainnya,”ujarnya saat menghadiri pelantikan perangkat nagari persiapan Sangkir, Selasa, (08/01).

Rio Eka Putra menjelaskan, dari kedelapan item itu, syarat yang terberat yakni menentukan batas nagari. Karena batas nagari, bukan hanya internal di nagari itu saja, namun berhubungan dengan nagari-nagari tetangga. Oleh karena itu, walinagari dan perangkatnya diharapkan dapat bekerja dengan maksimal sehingga nagari defenitif yang diimpikan itu dapat terwujud.

“Diharapkan nagari persiapan untuk menentukan batas wilayah, agar bisa dibuatkan perbubnya dan langsung diusulkan jadi nagari defenitif,”ujarnya.

Dikatakan, batas wilayah syarat yang sering menjegal nagari persiapan untuk defenitif, bahkan di Sumbar sudah ada nagari batal jadi defenitif akibat batas wilayahnya tidak selesai, dengan artian tidak sampai ke perbup-nya.

“Amannya batas wilayah dibuat dalam berita acara kedua belah pihak, disurati ke kabupaten dan diambil titik koordinatnya, pasang pancang dan buat perbubnya, sehingga syarat itu bisa dipenuhi, sementara syarat lainnya tidak akan berat karena bersifat administratif,” kata Rio Eka Putra.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top