Kaba Terkini

Nagari Garagahan Ciptakan Kampung Bersih

Lubukbasung, kaba12.com — Mengantisipasi masyarakat membuang sampah sembarangan, Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, sebarkan 60 tong sampah di beberapa titik di kenagarian tersebut.

Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah warga agar tak membuang sampah di sepanjang aliran irigasi sawah, untuk mengantisipasi banjir.

Pj Walinagari, Marlius pada Kaba12.com via ponsel penyebaran tong sampah ini dilakukan, untuk menciptakan Nagari Garagahan yang bersih dan untuk menggerakan program strategis dari Pemkab.Agam yaitu, Agam yang mandiri, madani dan berprestasi.
“Setiap jorong mendapat 15 tong sampah dari 60 tong yang akan disebar”. Katanya.

Ditambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup, agar meletakkan satu bak kontener, untuk menampung sampah dari tong sampah yang sudah disediakan sebelumnya.

Ia berharap, semua elemen masyarakat, baik itu tokoh masyarakat, niniak mamak bisa bekerjasama untuk menciptakan Nagari Garagahan yang bersih.

“Kami berkoordinasi dengan masyarakat di masing-masing jorong, mencari sukarelawan yang dapat mengampung sampah di setiap tong yang tersebar, dan kami juga usahakan nantinya satu unit becak motor per-jorong untuk membawa sampah tersebut, ” ulasnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top