Kaba Terkini

Kompleks Perumnas Talago Buka Sasaran Silek Tradisi

Lubukbasung, KABA12.com — Dalam rangka melestarikan kesenian tradisional Minangkabau yakni pencak silat atau silek, di Kompleks Perumahan Talago Permai, Kecamatan Lubukbasung, Sabtu Malam (05/01), telah diresmikan sasaran silek Sibarasok.

Peresmian sasaran itu ditandai dengan pendarahan sasaran oleh Tuo Silek Kabupaten Agam sekaligus Dewan Guru, Syahrial Chan Nyiak Danau, yang disaksikan oleh puluhan pesilat dan masyarakat setempat.

Tuo Silek Kabupaten Agam, Syahrial Chan Nyiak Danau sekaligus Dewan Guru mengatakan, perguruan silek ini diberi nama Sibarasok, yang merupakan cabang dari perguruan silek tradisi Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubukbasung.

“Didirikannya sasaran silek ini, merupakan permintaan tokoh masyarakat dan pengurus perhimpunan warga kompleks perumahan Talago Permai, yang termotivasi dengan tingginya keinginan anak-anak untuk berlatih ilmu beladiri silek tradisi,”ujarnya.

Lebih Nyiak Danau mengatakan, Perguruan silek Sibarasok ini, memiliki sebanyak 18 orang pesilat yang berasal dari anak-anak Kompleks Perumahan Talago Permai dan bahkan ada juga yang berasal dari luar kompleks.

“Sebelum peresmian kita telah melakukan latihan kurang lebih selama 2 bulan. Disini kita jadwalkan latihannya dua kali sepekan, tepatnya Minggu pagi dan Rabu sore,”ujarnya lagi.

Nyiak Danau berharap, dengan telah diresmikannya sasaran silek di Kompleks Perumahan Talago Permai ini dapat melahirkan generasi muda yang sangat berbakat dibidang pencak silat dan dapat memotivasi generasi muda lainnya untuk ikut berlatih, sehingga silek tradisi ini dapat terus berkembang dan lestari.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top