Kaba Pemko Bukittinggi

Gang Lansek Penuh Edukasi, Sehat dan Bersih

Bukittinggi, KABA12.com — Gang Langsek, RT.02/RW.02 Kelurahan Aua Kuning,Kec. Aua Birugo Tigo Baleh (ABTB) Bukittinggi, berubah menjadi lokasi yang unik untuk dikunjungi. Bahkan beberapa hari terakhir, cukup viral di media sosial dan menjadi lokasi selfie terbaru di kota wisata.

Uncu Abrar, salah seorang warga Gang Lansek yang memiliki potensi melukis, karena ia juga seorang lulusan IKIP Padang, menyebutkan, ide untuk merubah Gang Langsek ini menjadi gang warna warni berasal dari Lurah Aua Kuniang. Adrian bersama warga sekitar menginginkan ada gang berwarna, penuh edukasi, sehat dan bersih.

“Ide itu disambut hangat warga. Mereka langsung meresponnya dengan jalan bergotong royong membersihkan lingkungan rumahnya masing masing dan gang masuk. Selanjutnya kami melukis jalan gang dan rumahnya masing masing dengan berbagai gambar lukisan yang memiliki edukasi untuk anak anak dan masyarakat banyak,” ujarnya.

Lurah Aua Kuniang, Adrian, menjelaskan ,dijadikannya Gang Langsek ini sebagai gang warna warni berawal dari konsep kampung warna warni yang ada di pulau Jawa dan juga Makasar. Sehingga dari konsep itu memunculkan inspirasi untuk mewarnai gang ini dengan dukungan penuh warga.

“Kita pilih gang langsek untuk dijadikan Gang warna warni dengan konsep edukasi, sehat dan bersih, karena warga di Gang langsek ini cukup banyak memiliki jiwa seni dalam membenahi lingkungannya masing masing. Upaya ini juga sebagai langkah pendukung penilaian kota Bukittinggi sebagai Kota Sehat,” ungkap Adrian.

Gang ini juga akan dilengkapi dengan penghijauan, yang nanti akan dilakukan warga secara bertahap. Karena memang kegiatan positif ini dikerjakan secara swadaya warga atau masyarakat.

Menurut Adrian, saat ini Gang Langsek, RT.02/RW.02 Kelurahan Aua Kuning telah menjadi ajang selfi pengunjung dan bahkan sudah ada daerah lain yang ingin melakukan Studi banding ke Gang Langsek ini. “Untuk itu kita dari kelurahan Aua Kuning akan terus bersama warga membenahi Gang Langsek ini dan juga daerah-daerah lainnya,” jelas Adrian.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top