Kaba Terkini

Kamang Tangah Canangkan Kampung Tahfidz Al-Qur’an

Kamang, kaba12.com — Untuk menggerakan program Pemkab Agam Nagari Madani, Pemerintah Nagari persiapan Kamang Tangah, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, canangkan Kampung Tahfidz Al-Qur’an.

Menurut Pj Walinagari Kamang Tangah, Amdanir menyampaikan kepada Kaba12.com, Kampung Tahfidz Al-Qur’an ini merupakan ide dan gagasan yang muncul melalui rapat masyarakat serta perantau Kamang Tangah yang berada di Medan.

‘’Program ini mendapat apresiasi dari masyarakat dan perantau”. ujarnya.

Kegiatan dalam program ini diantaranya, pesantren kilat tahfidz selama 15 hari untuk memberdayakan potensi anak nagari sebagai ustadz, pembentukan halaqah tahfidz di kantor Walinagari, sekolahan, kaum, suku, serta rumah tangga sehingga lahirnya rumah-rumah tahfidz, dan sebagai tindak lanjut nantinya kegiatan itu akan dilakukan secara rutin.

Sedangkan menurut Ketua Bidang Pembinaan Usia Dini pada program tersebut, Marwan Kari Mangkuto mengatakan, konsep dari Kampung Tahfidz Al-Qur’an tersebut berupa mendekatkan dan membiasakan masyarakat dalam gemar membaca, pengkajian sekaligus tahfidz dilingkungan setempat.

“Dengan adanya program ini, bisa membentengi masayarakat agar tidak terjerumus kedalam hal negatif.” ulasnya.

Kamang Tangah juga sudah sukses dengan beberapa program yang sebelumnya sudah dibentuk, yaitu program magrib mengaji, subuh berjamaah, serta wajib berbusana muslimah, jadi saat program pembentukan kampung Qur’an digagas, langsung mendapat apresiasi masyarakat dan perantau, terbukti dengan sumbangan Al-Qur’an sebanyak 1065 mushaf dari perantau.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top