Kaba Pemko Bukittinggi

Arsip Menumpuk Badan Keuangan Butuh Gudang Khusus

Bukittinggi, KABA12.com — Diperkiraan satu ton lebih arsip SPJ dan dokumentasi lainnya menumpuk di lantai 3 Kantor Badan Keuangan kota Bukittinggi yang terletak di jalan Sudirman Bukittinggi. Dengan beban tambahan satu ton lebih itu dikhawatirkan akan membahayakan kepada Kantor Badan Keuangan itu sendiri, sebab gedung itu banyak yang retak akibat gempa beberapa tahun lalu.

Sekretaris Badan Keuangan Kota Bukittinggi, Risma Novarina, membenarkan adanya penumpukan arsip di Lantai 3. Hal tersebut terjadi karena tidak ada lokasi lain untuk khususmenempatkan arsip. Namun penempatan dilantai 3 itu bersifat sementara.

“Dalam waktu dekat ini akan direlokasi ke lantai 1 dan sekarang ini, kita tengah mencari lokasi yang tepat di lantai 1. Untuk mengurangi beban dilantai 3, beberapa karung dari arsip itu sudah ada yang dipindahkan ke lanta 2,” ujar Risma.

Kemudian, untuk mengurangi beban lantai 3 dari tumpukan arsip SPJ dan dokumentasi lainnya itu, diminta kepada masing masing bidang yang ada di Badan Keuangan untuk dapat memilah atau memisahkan arsip yang bisa dimusnahkan dan mana yang tidak.

“Tetapi,sebelum dimusnahkan tentunya kita dari Badan Keuangan akan berkoordinasi dengan Dinas Arsip dan Inspektorat. Sebab dalam pemusnahan arsip ini ada ketentuannya,” ungkapnya.

Badan Keuangan tentu memerlukan gudang arsip khusus untuk penyimpanan arsip. Namun karena keterbatasan ruangan di Kantor yang sekarang ini, makanya arsip itu ditumpuk sementara di lantai 3. “Namun kedepannya, kalau memang jadi gedung badan keuangan dibangun baru, maka diharapkan ada ruangan khusus penyimpanan arsip,”jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top