Kaba Pemko Bukittinggi

Waktu Pekerjaan Embung Tabek Gadang Ditambah 50 Hari

Bukittinggi, KABA12.com — Pembangunan Embung Tabek Gadang belum juga selesai. Padahal dari rencana awal, proyek pusat dengan dana APBN ini, selesai di akhir tahun 2018. Namun, hingga saat ini, pekerjaan masih terus berlanjut dan masuki progres 98%.

Direktur PDAM Tirta Jam Gadang, Murdi Tahman, menjelaskan, pekerjaan ini dimulai sejak lima bulan lalu. Memang, target awal akhir tahun 2018, sudah selesai. Namun ada beberapa kendala dari pelaksana, sehingga pekerjaan diberi tambahan waktu 50 hari.

“Faktor cuaca beberapa bulan terakhir diakui menjadi salah satu kendala. Sehingga pekerjaannya sekarang belum selesai, tapinsudah 98%. Pelaksana masih melanjutkan pekerjaan, karena telah mendapatkan penambahan waktu pekerjaan selama 50 hari kedepan. Namun, pelaksana juga wajib membayar denda dari sisa pekerjaan yang belum selesai tersebut,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengungkapkan, pekerjaan embung Tabek Gadang, sepenuhnya dikerjakan dan dibiayai oleh pusat sebesar Rp 9,3 milyar lebih. Dana itu, digunakan untuk pembangunan embung dan juga pekerjaan pipa PDAM menuju pengolahan di Belakang Balok.

“Kita berharap ini segera selesai dalam waktu dekat. Karena air memang menjadi kebutuhan mendesak di kota Bukittinggi. Karena diperkirakan dari embung ini bisa menghasilkan air 40 liter per detik. Jika ini selesai, tentu akan ada pekerjaan lainnya, seperti membenahi areal embubg Tabek Gadang ini, agar dapat dijadikan salah satu objek wisata di Bukittinggi,” ungkap Ramlan.

Embung Tabek Gadang, memiliki kedalaman hingga 5 meter. Saat ini, pintu air sudah selesai dibangun dan masuk tahap finishing di bagian lantai dan beberapa titik lainnya. Embung Tabek Gadang, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan air masyarakat Bukittinggi, sekaligus akan dijadikan objek wisata yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top