Kaba Terkini

Program DPKP Agam 857.500 Ekor Bibit Ikan Telah Disalurkan

Lubukbasung, kaba12.com — Kepala dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan ((DPKP) Agam, Ermanto mengungkapkan, sebanyak 857.500 ekor bibit ikan telah di realisasikan oleh pemerintah kabupaten Agam kepada masyarakat melalui program DPKP Agam Berternak Ikan.

Dijelaskan, bibit tersebut diserahkan secara gratis, dan jenis bibit ikan yang direalisasikan seperti nila, mas dan koi.

“Realisasi itu ,tidak sesuai dengan target yang ditentukan yaitu sebanyak 2 juta ekor. Hal tersebut terjadi karena masyarakat kurang minat untuk beternak ikan yang diakibatkan oleh cuaca ekstreme,”jelasnya Rabu (2/1) di Lubukbasung.

Pihaknya mengupayakan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk beternak ikan. Salah satunya dengan mendorong masyarakat untuk membuka dan menggunakan kembali kolam-kolam yang sudah tidak pakai lagi atau membuat kolam baru dan mina padi.

“Kami mengadakan sosialisasi untuk menimbulkan minat masyarakat untuk beternak ikan.” ungkapnya

Jika masyarakat ingin membuka usaha beternak ikan, masyarakat bisa mengajukan proposal kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, untuk mendapatkan bibit secara gratis.

Selain itu pihaknya juga telah membuat kolam baru 5,19 hektar yang tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Tilatang Kamang, Kamang Magek dan Palembayan pada tahun 2018. Sedangkan untuk mina padi sudah direalisasikan 10 hektar, dengan rincian 5 hektar dari DAK 2018 dan 5 hektar bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Jambi.

Dengan beternak ikan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Tidak hanya itu ikan juga menjadi sumber gizi bagi masyarakat. Capaian tingkat konsumsi ikan pada 2018 naik menjadi 32,96 per kapita per tahun, dari 28 kilogram per kapita per tahun.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top