Kaba Pemko Bukittinggi

Manggih Gantiang Kelurahan Terbaik Tahun 2018

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota Bukittinggi, telah melakukan penilaian terhadap kompetensi lurah dan kelurahan berprestasi tahun 2018. Dari hasil penilaian itu, kelurahan Manggih Gantiang menjadi kelurahan berprestasi dan M. Nur menjadi Lurah terbaik I untuk tahun 2018.

Para peserta lomba merupakan utusan dari masing – masing kecamatan yang ada di Bukittinggi. Keluar sebagai pemuncak pada Lomba Komptensi Lurah adalah, Terbaik I M.Nur Lurah Manggis Ganting Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Terbaik II adalah Riza Novelda Lurah Kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang dan Terbaik III adalah Muhibburrahim Lurah Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh.

Baca Juga:  Sebelum Lebaran, Tarif Tol Bakal Turun

Sedangkan pemuncak pada kegiatan penilaian Kelurahan Berprestasi adalah, Terbaik I diraih Kelurahan Manggis Ganting Kecamatan MKS, Terbaik II Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah dan Terbaik Iii adalah Kelurahan Parit Antang kecamatan ABTB.

Assisten I Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi, Noverdi, menjelaskan, penilaian kelurahan berprestasi ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan. Sedangkan penilaian Kompetensi Lurah merujuk kepada Peraturan Gubernur Sumbar tentang petunjuk teknis lelaksanaan penilaian kompetensi Lurah tingkat Sumatera Barat.

Kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan dalam pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan langsung terhadap masyarakat. Untuk itu Lurah sebagai pemegang kendali dituntut mempunyai kompetensi yang maksimal dalam penyelenggaraan pemerintahan. Lurah dan Kelurahan yang keluar sebagai terbaik I berhak untuk mewakili Bukittinggi ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 yang akan datang,” jelasnya saat menyerahkan hadiah kepada pemenang, di aula utama Balaikota, Kamis (27/12) lalu.

Baca Juga:  Polsek Tanjung Raya Gelar Razia Masker di Pasar Tradisional

Pelaksanaan penilaian lomba Kompetensi Lurah dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2018 dengan mekanisme penyampaian ekspose dan wawancara yang mendalam oleh tim sementara penilaian kelurahan berprestasi tingkat kota Bukittinggi dilakukan pada tanggal 14 s/d 18 Desember 2018 dengan 2 tahap yaitu penilaian Mandiri dan Terpadu ke lapangan.

Baca Juga:  Dana Bergulir UMKM H.Andi Sahrandi Dikucurkan, 10 Warga Dibantu Modal Rp.5 Juta

Kepada pemenang diberikan hadiah dan reward, untuk Lomba Kompetensi Lurah terbaik I memperoleh Piala dan Hadiah uang sejumlah Rp 7.500.000,-, terbaik II memperoleh Piala dan uang tunai sebesar Rp 3.500.000,- dan terbaik III memperoleh piala dan uang sebesar Rp 2.500.000,-. Sedangkan pemenang lomba Kelurahan Berprestasi untuk terbaik I memproleh piala dan uang sebesar Rp.35.000.000,- untuk terbaik II memperoleh piala dan uang sebesar Rp 10.000.000,- sedangkan terbaik III memperoleh hadiah berupa piala dan uang sejumlah Rp 10.000.000,-

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top